Pohon Damar Wangi

Pohon Damar Wangi


Pohon Damar Wangi - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan diantara pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang lantas dibuat menjadi kopal serta jadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi saat ini udah dibudidayakan di berapa tempat beda termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian istilah damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan untuk penyebutan resin (getah) yg dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) amat sering disebut sebagai kopal. Selain itu, penggunaan arti kayu damar tambah diperlukan utk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjual-belikan sebagai kayu Agatis.

pembawaan pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa menjangkau lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu akan ditumbuhi oleh beraneka model pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punya ciri-ciri bentuk lonjong dan meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 hingga 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran lebih kurang 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Damar Wangi


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Wangi


Pohon Damar Wangi


Damar atau resin buat beberapa orang adalah diantara satu zat asing yang kemungkinan penggunaannya tidak bisa disadari dengan cara segera. secara prinsip ada dua type resin yg dihasilkan dari pohon damar, yaitu tipe resin yang padat dan cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak mempunyai aroma yang ciri khas seperti tipe resin cair. berikut ini merupakan lebih dari satu faedah damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dihasilkan oleh pohon damar dapat dipakai menjadi salah satu bahan untuk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar mempunyai sifat serta pembawaan yang bisa menghasilkan bubuk kertas berkualitas. Bahkan jenis bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat buat bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi product Industri

Damar pula banyak dijadikan tanamam pertanian utk diambil getahnya. Getah damar dapat di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah bakal dilewatkan menumpuk dan mengering pada tempat khusus. Luka sayatan buat mengeluarkan getah dapat di buat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yang udah mengering dapat di ambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak diperlukan utk membuat bermacam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar mempunyai ciri pohon yang enteng diketemukan dan dapat ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yg telah besar biasanya dapat melindungi rusaknya tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yg diperoleh dari getah yang udah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika jadi satu diantara peneliti yg mengambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar punyai di antara tipe enzim yang dapat menjadi perantara untuk memperbaiki memori serta menambah rasa nyaman utk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung di antara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan pengaruh yang begitu besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar hingga getah damar bisa menjadi obat yg begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dulu getah damar bisa juga jadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa hasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti style bahan bakar lain. Bukan kemungkinan kecil suatu kala bisa tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak digunakan sebagai di antara komponen resin aromatik. product ini bisa jadikan buat bikin obat khusus buat mencegah nyamuk, obat – obatan utk jamur serta beragam style product lain.

8. Obat tradisionil

Pada jaman dahulu orang tua kerap menggunakan damar jadi tanaman obat untuk mengatasi beragam type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga serta sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih tetap di kembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak dipakai menjadi salah satunya bahan pewarna alami. Batik tradisional sering menggunakan bahan damar untuk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk bikin cat, lilin dan berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan memanfaatkan Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar benar-benar memiliki manfaat yg sangat besar utk industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan menjadi bahan industri termasuk zat pewarna dan berbagai style obat-obatan. berikut merupakan lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin yaitu bahan yang benar-benar aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak beresiko pada lingkungan serta enteng dikendalikan. cost industri buat pemrosesan damar atau resin termasuk dalam cost yang rendah jadi bisa mensupport perubahan industri. pembawaan kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga pula menguntungkan untuk lingkungan sehingga bisa diperkembang.

Resin atau damar masih bisa di kembangkan jadi beragam type obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan Lokasi

Lokasi yg persis buat tumbuhnya pohon damar yaitu ruangan di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., dan miliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa ditunaikan dari biji atau dari anakan yang berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karena mutunya tambah baik. buat pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua berkwalitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag berukuran ½ kilo yang udah di isi dengan tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi di bawah naungan agar media semai tak cepat kering dan benih dapat tumbuh selekasnya. Perawatan dikerjakan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, perlu ditunaikan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. sesudah berusia kurang lebih 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa ditunaikan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, butuh dilakukan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata dipakai akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma bersifat sesaat lebih kurang 2 tahun. Setelah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini sanggup diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilakukan di awal musim hujan sebagai waktu baik buat menjamin ketersediaan persediaan air maka bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus sungguh-sungguh di pilih bibit yang siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman mesti dikerjakan dengan hati-hati biar bibit tak rusak, khususnya saat menyobek polibag supaya jangan sempat menyebabkan kerusakan akar pohon.
Untuk penanaman tanaman sela, dilakukan sesuai sama keperluan tanam tanaman sela yg diambil. penentuan tanaman sela mesti dijalankan dengan mencermati rotasi tanaman. Sistem tumpang sari mirip ini mau memberikannya manfaat lebih pada petani lantaran dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dijalankan yaitu penyulaman seandainya ada pohon yang mati dan penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan dimuka masa tanam hingga lebih dari satu minggu. untuk penyiangan gulma, pada intinya cuma dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan sudah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yg berada disekelilingnya. Tetapi semakin tambah baik jikalau penyiangan ditunaikan lebih rutin agar lantai hutan lebih bersih jadi semakin lebih mudah dalam perawatan tanaman sela dan saat panen nanti.

Penggunaan tanaman sela biasanya tidak terlalu lama, kisarannya adalah usia 4 th.. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberikan pupuk. sehabis tidak ada tanaman sela, baru diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan terbaik.


Pohon Damar Wangi


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka