Menanam Pohon Damar

Menanam Pohon Damar


Menanam Pohon Damar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan diantara satu pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang lalu diproduksi menjadi kopal dan dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. tapi waktu ini sudah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan arti damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga diperlukan untuk penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh beberapa pohon dari genus Shorea dan Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemanfaatan arti kayu damar tambah dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjual-belikan jadi kayu Agatis.

ciri-ciri pohon damar miliki batang pohon dengan ukuran dapat menjangkau lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa capai lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu bakal ditumbuhi oleh beraneka type pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar punyai ciri bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 hingga 8 cm. pohon ini menghasilkan biji dengan ukuran sekitaran 7-9 cm buat diameter.


Menanam Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Menanam Pohon Damar


Menanam Pohon Damar


Damar atau resin bagi sebagian orang merupakan di antara zat asing yang barangkali pemakaiannya tidak bisa disadari dengan langsung. Pada dasarnya ada dua type resin yg dihasilkan dari pohon damar, yakni type resin yang padat dan cair. Resin padat memang datang dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yang khas seperti model resin cair. Dibawah ini yaitu lebih dari satu fungsi damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar bisa dimanfaatkan menjadi salah satunya bahan untuk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki karakter serta ciri yg dapat hasilkan bubuk kertas memiliki kualitas. Bahkan style bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar punya tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi rumah.

2. jadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian buat diambil getahnya. Getah damar akan di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah mau dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat spesial. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah juga akan di buat setiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yg udah mengering mau diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yg dibuat dari pengolahan getah banyak dimanfaatkan untuk buat beragam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak juga jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar memiliki sifat pohon yang mudah ditemukan dan bisa ditanam dimanapun. diluar itu ukuran pohon yg telah besar kebanyakan dapat membuat perlindungan rusaknya tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yang udah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika jadi diantara satu peneliti yg ambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar memiliki salah satunya model enzim yg bisa jadi perantara utk memperbaiki memori dan tingkatkan rasa nyaman utk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan satu diantara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan efek yang begitu besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma dapat diketemukan dalam pohon damar makanya getah damar bisa jadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dulu getah damar juga bisa menjadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti tipe bahan bakar beda. bukan hanya tidak bisa satu pas dapat terwujud bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak digunakan menjadi di antara komponen resin aromatik. product ini dapat jadikan untuk bikin obat teristimewa utk menghindar nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan beraneka style produk beda.

8. Obat Tradisional

Pada zaman dahulu orang tua sering memanfaatkan damar sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga dan sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih diperkembangkan menjadi obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga diperlukan menjadi di antara bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerapkali pakai bahan damar buat obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri buat buat cat, lilin serta berbagai bahan pewarna lain.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yg didapatkan dari pohon damar memanglah punya faedah yang sangat besar untuk industri. Resin atau damar banyak dipakai jadi bahan industri termasuk juga zat pewarna serta berbagai tipe obat-obatan. Berikut ini merupakan beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

Pada dasarnya resin merupakan bahan yang benar-benar aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tdk berefek pada lingkungan dan mudah dikendalikan. ongkos industri buat pemrosesan damar atau resin termasuk dalam biaya yg rendah maka bisa mendukung perkembangan industri. pembawaan kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga menguntungkan buat lingkungan makanya bisa dikembangkan.

Resin atau damar masih tetap bisa dikembangkan menjadi beragam model obat-obatan yang berguna buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan Lokasi

area yang tepat untuk tumbuhnya pohon damar adalah area pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dilakukan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karena kwalitetnya tambah baik. Untuk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua berkwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yg sudah di isi dengan tanah yg subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tidak cepat kering dan benih dapat tumbuh dng cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap tiap sore serta pembersihan gulma secara teratur. diluar itu, perlu dilakukan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. sehabis berumur sekitar 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dikerjakan lewat langkah tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. Untuk persiapan lahannya, butuh dilakukan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh karenanya, harus disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. umumnya dimanfaatkan akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma berbentuk sementara sekitar 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini mampu diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan di muka musim hujan yang disebut kala baik untuk menanggung ketersediaan suplai air maka bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman mesti sungguh-sungguh diambil bibit yang siap tanam dengan keadaan yang baik. Penanaman mesti dijalankan dengan hati-hati agar bibit tdk rusak, lebih-lebih kala menyobek polibag supaya jangan pernah menyebabkan kerusakan akar pohon.
Untuk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sesuai sama keperluan tanam tanaman sela yg diambil. penentuan tanaman sela mesti dilaksanakan dengan perhatikan rotasi tanaman. system tumpang sari seperti ini juga akan memberikannya faedah lebih pada petani lantaran bisa memperoleh pendapatan dari tanaman sela selagi tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dikerjakan adalah penyulaman apabila ada pohon yg mati dan penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan dimuka masa tanam sampai beberapa minggu. untuk penyiangan gulma, pada intinya cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tidak terganggu kembali oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekelilingnya. namun semakin tambah baik apabila penyiangan ditunaikan lebih rutin biar lantai rimba lebih bersih makanya semakin tambah gampang dalam perawatan tanaman sela dan sementara panen kelak.

Penggunaan tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 th.. Selagi masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberi pupuk. sehabis tidak ada tanaman sela, baru diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar dapat tumbuh dengan maksimal.


Menanam Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Penyebab Pohon Damar Langka