Pohon Damar Dan Fungsinya

Pohon Damar Dan Fungsinya


Pohon Damar Dan Fungsinya - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, merupakan diantara pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg lantas diproses menjadi kopal dan dijadikan bahan baku beraneka industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tetapi kini telah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan buat penyebutan resin (getah) yg dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering disebut sebagai kopal. diluar itu, penggunaan arti kayu damar malah dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjual-belikan jadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar punyai batang pohon dengan ukuran bisa menggapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat menggapai lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu bakal ditumbuhi oleh beraneka style pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punya ciri-khas bentuk lonjong serta meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 hingga 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran seputar 7-9 cm utk diameter.


Pohon Damar Dan Fungsinya


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Dan Fungsinya


Pohon Damar Dan Fungsinya


Damar atau resin bagi beberapa orang adalah diantara zat asing yang mungkin penggunaannya tidak bisa disadari dengan cara segera. pada prinsipnya ada dua tipe resin yg dihasilkan dari pohon damar, yaitu tipe resin yg padat serta cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yang sudah menguap. Resin padat tidak punya aroma yang unik seperti model resin cair. Dibawah ini merupakan berapa manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar bisa diperlukan jadi diantara satu bahan buat menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki pembawaan dan sifat yg dapat menghasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga jenis bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar miliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi rumah.

2. jadi Produk Industri

Damar banyak juga dijadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar juga akan di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah bakal dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat privat. Luka sayatan untuk keluarkan getah akan di buat tiap tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang udah mengering akan di ambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yang dibuat dari pemrosesan getah banyak difungsikan untuk membuat beraneka produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki karakter pohon yg mudah diketemukan dan dapat ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yg sudah besar kebanyakan bisa melindungi rusaknya tanah serta menghambat kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yg ditemui dari getah yg udah mengeras juga diperkembangkan jadi obat buat penyakit masalah memori. Amerika menjadi diantara peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar memiliki salah satunya tipe enzim yg bisa menjadi penghubung untuk memperbaiki memori serta menaikkan rasa nyaman untuk pasien penyakit problem memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung diantara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan dampak yang sangat besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat diketemukan dalam pohon damar hingga getah damar dapat jadi obat yang begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dulu getah damar dapat juga menjadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa hasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti model bahan bakar lain. bukan hanya tidak bisa suatu sementara dapat terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

tipe recin cair banyak dimanfaatkan menjadi salah satunya komponen resin aromatik. product ini bisa jadikan untuk membuat obat pribadi utk mencegah nyamuk, obat – obatan utk jamur serta beragam jenis produk lain.

8. Obat tradisionil

Pada era dahulu orangtua kerapkali memanfaatkan damar sebagai tanaman obat untuk mengatasi beragam type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan juga sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yg khas dari damar masihlah diperkembangkan sebagai obat-obatan termasuk obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dimanfaatkan sebagai di antara bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerapkali memanfaatkan bahan damar untuk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri untuk buat cat, lilin dan bermacam bahan pewarna beda.

Keuntungan memanfaatkan Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar benar-benar punyai faedah yg begitu besar utk industri. Resin atau damar banyak dipakai jadi bahan industri termasuk zat pewarna serta bermacam tipe obat-obatan. berikut yaitu beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin merupakan bahan yang benar-benar aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berdampak pada lingkungan dan enteng dikendalikan. Biaya industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam biaya yang rendah maka dapat mensupport perkembangan industri. Sifat kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga sangat menguntungkan untuk lingkungan makanya dapat dikembangkan.

Resin atau damar masih tetap dapat diperkembang menjadi berbagai jenis obat-obatan yang berfaedah buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan area

Lokasi yang persis buat tumbuhnya pohon damar yaitu area di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dijalankan dari biji atau dari anakan yang berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karena kwalitetnya tambah baik. Untuk pembibitan lewat biji, dibutuhkan biji tua memiliki kwalitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yang telah diisi dengan tanah yang subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan biar media semai tidak cepat kering dan benih bisa tumbuh secara cepat. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap-tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, perlu dilaksanakan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. sehabis berumur lebih kurang 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dikerjakan dengan cara tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, butuh dilakukan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh sebab itu, harus dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata dimanfaatkan akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma bersifat sesaat sekitaran 2 tahun. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dijalankan di muka musim hujan sebagai sementara baik utk menjamin ketersediaan suplai air sehingga bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus sungguh-sungguh diseleksi bibit yang siap tanam dengan situasi yg baik. Penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati supaya bibit tdk rusak, khususnya sementara menyobek polibag supaya jangan pernah merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, ditunaikan sama sesuai keperluan tanam tanaman sela yang diseleksi. Pemilihan tanaman sela mesti dilakukan dengan menyimak perputaran tanaman. Sistem tumpang sari begini juga akan berikan manfaat lebih pada petani karena dapat memperoleh pendapatan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dikerjakan adalah penyulaman misalnya ada pohon yang mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan di awal masa tanam hingga berapa minggu. untuk penyiangan gulma, pada dasarnya hanya diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tdk terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang ada disekitarnya. akan tetapi semakin tambah baik jika penyiangan dikerjakan lebih rutin biar lantai hutan lebih bersih hingga akan lebih mudah dalam perawatan tanaman sela dan juga waktu panen kelak.

Penggunaan tanaman sela kebanyakan tidak terlalu lama, kisarannya yaitu umur 4 tahun. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberi pupuk. Setelah tidak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk utk menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar dapat tumbuh dengan terbaik.


Pohon Damar Dan Fungsinya


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka