Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem


Pohon Penghasil Damar Untuk Lem - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, adalah di antara pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yg lalu dibuat menjadi kopal serta jadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. tapi saat ini telah dibudidayakan di banyak tempat beda termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan arti damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan utk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemakaian arti kayu damar tambah dimanfaatkan untuk penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan sebagai kayu Agatis.

pembawaan pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran bisa menjangkau lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat menjangkau lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu bakal ditumbuhi oleh bermacam style pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki sifat bentuk lonjong serta meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 sampai 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran kira-kira 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Penghasil Damar Untuk Lem


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Penghasil Damar Untuk Lem


Pohon Penghasil Damar Untuk Lem


Damar atau resin bagi sebagian orang adalah diantara zat asing yg mungkin saja pemakaiannya tidak dapat disadari dengan cara langsung. Pada dasarnya ada dua jenis resin yang dihasilkan dari pohon damar, yakni style resin yang padat serta cair. Resin padat memang datang dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak mempunyai aroma yg ciri khas seperti jenis resin cair. berikut ini yaitu sebagian faedah damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar bisa dimanfaatkan jadi salah satunya bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki karakter dan ciri-ciri yang dapat menghasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga jenis bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar miliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat utk bahan bikin kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar juga akan diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah bakal dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat privat. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah akan di buat setiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yang udah jadi kering akan di ambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak digunakan untuk membuat bermacam produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar punya pembawaan pohon yg gampang ditemukan dan dapat ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang udah besar rata-rata bisa melindungi rusaknya tanah dan mencegah kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang sudah mengeras juga diperkembangkan jadi obat utk penyakit masalah memori. Amerika jadi diantara satu peneliti yang mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar punya salah satu type enzim yang dapat menjadi penghubung utk memperbaiki memori dan menaikkan rasa nyaman untuk penderita penyakit masalah memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan di antara senyawa aktif yg disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberi efek yang benar-benar besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat diketemukan dalam pohon damar makanya getah damar bisa menjadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada masa dulu getah damar bisa juga menjadi diantara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat membuahkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti tipe bahan bakar beda. bukan hanya tidak mungkin satu waktu bisa terwujud bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak digunakan jadi di antara komponen resin aromatik. product ini dapat dijadikan untuk buat obat teristimewa untuk menghambat nyamuk, obat – obatan buat jamur serta bermacam type product lain.

8. Obat tradisionil

Pada zaman dahulu orang-tua kerapkali memanfaatkan damar menjadi tanaman obat untuk menanggulangi bermacam style penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga dan sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yg ciri khas dari damar masih di kembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga dipakai menjadi satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil seringkali memakai bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri untuk membuat cat, lilin dan bermacam bahan pewarna beda.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yg diperoleh dari pohon damar memanglah memiliki kegunaan yang begitu besar buat industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan jadi bahan industri termasuk juga zat pewarna dan berbagai type obat-obatan. di bawah ini adalah lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin yaitu bahan yang sangat aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tdk berefek pada lingkungan serta mudah dikendalikan. cost industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam ongkos yg rendah makanya dapat memberi dukungan perkembangan industri. Sifat kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar sangat menguntungkan untuk lingkungan maka bisa diperkembang.

Resin atau damar masih tetap dapat dikembangkan menjadi bermacam jenis obat-obatan yang berfaedah buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

Lokasi yang tepat buat tumbuhnya pohon damar yaitu ruangan di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan punya tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dilaksanakan dari biji atau dari anakan yang berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan karna kwalitetnya lebih baik. buat pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua memiliki kwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yg telah berisi tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan biar media semai tdk cepat kering serta benih dapat tumbuh dng cepat. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, butuh dikerjakan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sehabis berusia kurang lebih 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilakukan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, perlu dilaksanakan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. kebanyakan dimanfaatkan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma punya sifat sementara kira-kira 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini dapat diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dijalankan dimuka musim hujan sebagai waktu baik buat menanggung ketersediaan pasokan air makanya bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus serius diseleksi bibit yg siap tanam dengan situasi yang baik. Penanaman mesti dilaksanakan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, terutama waktu menyobek polibag supaya jangan lantas mengakibatkan kerusakan akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, dikerjakan sama sesuai keperluan tanam tanaman sela yang di pilih. Pemilihan tanaman sela harus dilakukan dengan mencermati rotasi tanaman. Sistem tumpang sari seperti ini juga akan memberikannya faedah lebih pada petani karena bisa beroleh pendapatan dari tanaman sela selama menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilakukan merupakan penyulaman andaikan ada pohon yang mati dan penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilakukan dimuka masa tanam sampai lebih dari satu minggu. untuk penyiangan gulma, secara prinsip hanya dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan telah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yg ada di sekitarnya. Tetapi akan lebih baik bila penyiangan dikerjakan lebih teratur biar lantai rimba lebih bersih sehingga semakin lebih enteng dalam perawatan tanaman sela dan selagi panen kelak.

Penggunaan tanaman sela rata-rata tidaklah terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 th.. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberi pupuk. sesudah tidak ada tanaman sela, baru diberi pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Pohon Penghasil Damar Untuk Lem


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka