Pohon Damar Di Indonesia

Pohon Damar Di Indonesia


Pohon Damar Di Indonesia - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, sebagai salah satu pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg kemudian dibuat jadi kopal serta jadikan bahan baku beraneka industri. Pohon damar (Agathis dammara) adalah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi saat ini udah dibudidayakan di beberapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian arti damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai utk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut yaitu kopal. Selain itu, pemakaian makna kayu damar malah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon type Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperdagangkan menjadi kayu Agatis.

ciri pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran bisa capai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat mencapai lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu dapat ditumbuhi oleh berbagai type pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki pembawaan bentuk lonjong dan meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran sekitaran 2 hingga 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran kira-kira 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Damar Di Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Di Indonesia


Pohon Damar Di Indonesia


Damar atau resin buat sebagian orang adalah di antara zat asing yg mungkin saja pemakaiannya tidak dapat diakui dengan langsung. pada intinya ada dua type resin yang dihasilkan dari pohon damar, yaitu style resin yang padat dan cair. Resin padat memang berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak punya aroma yang unik seperti type resin cair. dibawah berikut ini yaitu berapa manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar dapat dipakai sebagai diantara bahan buat hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki pembawaan dan pembawaan yg bisa membuahkan bubuk kertas bermutu. bahkan juga jenis bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar miliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat buat bahan bikin kontruksi tempat tinggal.

2. jadi Produk Industri

Damar banyak pula dijadikan tanamam pertanian utk diambil getahnya. Getah damar juga akan di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah bakal dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat spesial. Luka sayatan utk keluarkan getah bakal dibuat tiap tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. kemudian getah yang telah mengering dapat di ambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak diperlukan utk bikin beragam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki ciri-khas pohon yang gampang diketemukan serta dapat ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yang udah besar biasanya dapat melindungi rusaknya tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yg telah mengeras juga dikembangkan jadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika jadi salah satu peneliti yang ambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar miliki diantara satu type enzim yang dapat jadi penghubung buat memperbaiki memori dan menambah rasa nyaman buat penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga memiliki kandungan satu diantara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan efek yang sangatlah besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa ditemukan dalam pohon damar makanya getah damar bisa jadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar juga dapat jadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti style bahan bakar lain. Bukan kemungkinan kecil satu kala dapat terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

model recin cair banyak digunakan menjadi diantara satu komponen resin aromatik. product ini dapat jadikan untuk bikin obat teristimewa buat menahan nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan beraneka tipe produk lain.

8. Obat tradisionil

Pada masa dahulu orang-tua seringkali memanfaatkan damar menjadi tanaman obat buat mengatasi beragam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga serta sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih dikembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak pula digunakan menjadi di antara bahan pewarna alami. Batik tradisional seringkali memakai bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak juga diserap industri untuk membuat cat, lilin serta beraneka bahan pewarna beda.

Keuntungan memanfaatkan Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar memanglah punyai faedah yang sangatlah besar untuk industri. Resin atau damar banyak digunakan menjadi bahan industri termasuk zat pewarna serta beragam model obat-obatan. Berikut ini yaitu sebagian keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin yaitu bahan yg sangat aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tak berdampak pada lingkungan serta gampang dikendalikan. cost industri utk pengolahan damar atau resin termasuk juga dalam ongkos yang rendah makanya dapat beri dukungan perkembangan industri. pembawaan kimia serta mekanik yg diketemukan pada bahan damar sangat menguntungkan untuk lingkungan maka bisa diperkembangkan.

Resin atau damar masih tetap dapat diperkembang menjadi berbagai tipe obat-obatan yg berguna untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan Lokasi

Lokasi yang persis untuk tumbuhnya pohon damar yaitu area pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., serta punya tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilaksanakan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan dikarenakan mutunya tambah baik. buat pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua bermutu tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yg sudah diisi dengan tanah yang subur dan diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan agar media semai tdk cepat kering dan benih bisa tumbuh secara cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap tiap sore serta pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, butuh dikerjakan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. sesudah berumur kurang lebih 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilaksanakan dengan cara tumpang sari dengan tanaman sela berbentuk tanaman pangan atau holtikultura. buat persiapan lahannya, perlu dilaksanakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh sebab itu, harus disiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. Biasanya diperlukan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini hanya berwujud sesaat sekitaran 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan di muka musim hujan yang disebut sementara baik buat menjamin ketersediaan supply air hingga bibit bisa tumbuh dengan baik hingga pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus nyata-nyata di pilih bibit yg siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman harus dilakukan dengan hati-hati agar bibit tdk rusak, lebih-lebih kala menyobek polibag agar jangan lantas merusak akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanam tanaman sela yang di ambil. Pemilihan tanaman sela harus dijalankan dengan menyimak rotasi tanaman. sistim tumpang sari seperti ini mau berikan manfaat lebih pada petani lantaran dapat memperoleh pendapatan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dilaksanakan yaitu penyulaman sekiranya ada pohon yg mati serta penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan dimuka masa tanam sampai lebih dari satu minggu. Untuk penyiangan gulma, pada dasarnya hanya diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yg berada di sekitarnya. namun akan lebih baik sekiranya penyiangan dilaksanakan lebih teratur agar lantai hutan lebih bersih sehingga semakin lebih gampang dalam perawatan tanaman sela dan juga saat panen nanti.

pemakaian tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 tahun. Selagi masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberi pupuk. sehabis tiada tanaman sela, barulah diberi pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan optimal.


Pohon Damar Di Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka