Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk

Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk


Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan diantara satu pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang kemudian dibuat jadi kopal dan jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) adalah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi saat ini udah dibudidayakan di banyak tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan makna damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai untuk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering disebut yaitu kopal. Selain itu, penggunaan makna kayu damar jadi dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran dapat meraih lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa capai lebih dari 1 meter. area luar kayu juga akan ditumbuhi oleh beraneka tipe pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki ciri bentuk lonjong serta meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 hingga 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran kira-kira 7-9 cm utk diameter.


Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk


Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk


Damar atau resin untuk beberapa orang adalah salah satunya zat asing yang mungkin saja pemakaiannya tak dapat disadari dengan cara langsung. pada intinya ada dua style resin yg dibuat dari pohon damar, yaitu tipe resin yang padat dan cair. Resin padat memang berasal dari resin cair yg udah menguap. Resin padat tak mempunyai aroma yang khas seperti jenis resin cair. Dibawah ini merupakan beberapa kegunaan damar.

1. jadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dihasilkan oleh pohon damar bisa dimanfaatkan sebagai di antara bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai sifat dan ciri-ciri yg bisa menghasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga jenis bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar punya tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat utk bahan membuat kontruksi rumah.

2. jadi product Industri

Damar pula banyak dijadikan tanamam pertanian utk diambil getahnya. Getah damar akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah juga akan dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat khusus. Luka sayatan utk mengeluarkan getah mau di buat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yg telah mengering mau diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yang dihasilkan dari pemrosesan getah banyak diperlukan utk buat beragam produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar miliki sifat pohon yg mudah diketemukan dan bisa ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yang udah besar kebanyakan dapat melindungi kerusakan tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yang telah mengeras juga diperkembangkan jadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika jadi salah satu peneliti yang mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar memiliki diantara satu style enzim yg bisa jadi penghubung untuk melakukan perbaikan memori serta menambah rasa nyaman buat pasien penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan diantara senyawa aktif yg disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberi dampak yang benar-benar besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat ditemukan dalam pohon damar hingga getah damar bisa menjadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar bisa pula jadi satu diantara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti type bahan bakar lain. Bukan tidak bisa satu waktu dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak difungsikan jadi salah satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa dijadikan buat buat obat spesial buat menahan nyamuk, obat – obatan utk jamur dan beragam type produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada era dulu orangtua kerapkali pakai damar menjadi tanaman obat utk menanggulangi beraneka style penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga serta sakit mata. Hingga saat ini komponen senyawa aromatik yang ciri khas dari damar masihlah di kembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak pula dipakai sebagai diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional sering memanfaatkan bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri untuk buat cat, lilin serta berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yg ditemui dari pohon damar benar-benar punya kegunaan yang begitu besar untuk industri. Resin atau damar banyak dipakai sebagai bahan industri termasuk juga zat pewarna serta bermacam model obat-obatan. di bawah ini adalah sebagian keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin adalah bahan yang sangatlah aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berefek pada lingkungan dan enteng dikendalikan. Biaya industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk dalam ongkos yang rendah hingga bisa mensupport perkembangan industri. Sifat kimia dan mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga menguntungkan buat lingkungan makanya bisa diperkembangkan.

Resin atau damar masih tetap bisa diperkembangkan menjadi beragam tipe obat-obatan yang bermanfaat utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan tempat

area yg pas buat tumbuhnya pohon damar adalah ruang pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama tahun, dan punya tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dijalankan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan karena mutunya tambah baik. utk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua bermutu tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yang telah diisi dengan tanah yang subur dan diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan agar media semai tidak cepat kering serta benih dapat tumbuh dng cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap-tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, perlu dilakukan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. sehabis berumur sekitar 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, perlu dilaksanakan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh karenanya, mesti dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata dimanfaatkan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini hanya berwujud sementara kurang lebih 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini sanggup diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman ditunaikan di awal musim hujan yang merupakan kala baik untuk menjamin ketersediaan supply air sehingga bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti benar-benar di pilih bibit yg siap tanam dengan keadaan yang baik. Penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak, terutama selagi menyobek polibag biar jangan pernah mengakibatkan kerusakan akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, dijalankan sesuai sama kepentingan tanam tanaman sela yang diseleksi. penentuan tanaman sela mesti dijalankan dengan mencermati rotasi tanaman. sistim tumpang sari mirip ini akan berikan fungsi lebih pada petani karna dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilakukan merupakan penyulaman seumpama ada pohon yg mati dan penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan diawal masa tanam sampai sebagian minggu. untuk penyiangan gulma, secara prinsip hanya diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan telah tak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yg ada disekelilingnya. Tetapi semakin lebih baik apabila penyiangan ditunaikan lebih rutin supaya lantai hutan lebih bersih makanya semakin lebih gampang dalam perawatan tanaman sela dan juga pas panen kelak.

pemakaian tanaman sela biasanya tidaklah terlalu lama, kisarannya yaitu umur 4 tahun. Selagi masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberikan pupuk. sesudah tak ada tanaman sela, baru diberikan pupuk utk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan maksimal.


Pohon Damar Dapat Dimanfaatkan Untuk


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka