Pohon Damar Berguna Untuk

Pohon Damar Berguna Untuk


Pohon Damar Berguna Untuk - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, adalah satu diantara pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang kemudian di proses jadi kopal dan dijadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. tetapi saat ini sudah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga diperlukan buat penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, pemanfaatan arti kayu damar tambah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan sebagai kayu Agatis.

ciri-khas pohon damar miliki batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat mencapai lebih dari 1 mtr.. area luar kayu akan ditumbuhi oleh beragam type pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki ciri bentuk lonjong serta meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 hingga 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Damar Berguna Untuk


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Berguna Untuk


Pohon Damar Berguna Untuk


Damar atau resin untuk beberapa orang merupakan di antara zat asing yang kemungkinan penggunaannya tdk bisa disadari secara segera. pada prinsipnya ada dua jenis resin yang dibuat dari pohon damar, yakni style resin yg padat serta cair. Resin padat sebenarnya datang dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tak punya aroma yang khas seperti style resin cair. Dibawah ini yaitu lebih dari satu fungsi damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar dapat dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai pembawaan dan ciri yang bisa membuahkan bubuk kertas berkwalitas. bahkan juga model bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat buat bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi Produk Industri

Damar banyak pula jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar bakal diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah akan dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat khusus. Luka sayatan utk keluarkan getah mau dibuat tiap-tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. kemudian getah yang udah jadi kering mau diambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dihasilkan dari pemrosesan getah banyak difungsikan buat bikin beragam produk lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki ciri pohon yg mudah diketemukan serta dapat ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang sudah besar rata-rata dapat membuat perlindungan rusaknya tanah dan menghambat kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yg sudah mengeras juga dikembangkan menjadi obat buat penyakit gangguan memori. Amerika menjadi salah satu peneliti yang ambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar mempunyai satu diantara jenis enzim yg bisa jadi perantara buat melakukan perbaikan memori serta meningkatkan rasa nyaman utk pasien penyakit gangguan memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan salah satunya senyawa aktif yg disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan efek yang benar-benar besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat ditemukan dalam pohon damar makanya getah damar dapat menjadi obat yang sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar juga bisa jadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti type bahan bakar beda. bukan hanya kemungkinan kecil suatu waktu bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak dimanfaatkan menjadi di antara komponen resin aromatik. Produk ini dapat jadikan buat bikin obat pribadi untuk menahan nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan beragam style produk lain.

8. Obat tradisionil

Pada zaman dulu orang-tua kerapkali menggunakan damar sebagai tanaman obat untuk menanggulangi beragam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih dikembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dimanfaatkan menjadi satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional kerap menggunakan bahan damar utk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak juga diserap industri untuk buat cat, lilin dan beraneka bahan pewarna beda.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar memanglah memiliki manfaat yang begitu besar untuk industri. Resin atau damar banyak difungsikan sebagai bahan industri termasuk juga zat pewarna dan berbagai model obat-obatan. di bawah ini merupakan lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin merupakan bahan yang begitu aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tidak beresiko pada lingkungan serta enteng dikendalikan. cost industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk juga dalam ongkos yg rendah maka dapat beri dukungan perubahan industri. karakter kimia serta mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga pula menguntungkan buat lingkungan jadi dapat diperkembangkan.

Resin atau damar masih tetap bisa diperkembang menjadi bermacam type obat-obatan yg berfaedah buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

tempat yg pas buat tumbuhnya pohon damar yaitu ruang di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilaksanakan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan lantaran mutunya lebih baik. utk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua berkwalitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yang sudah di isi dengan tanah yg subur dan diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan biar media semai tidak cepat kering serta benih dapat tumbuh secepatnya. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman tiap-tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, butuh dilakukan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. sehabis berumur sekitaran 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dikerjakan lewat langkah tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. buat persiapan lahannya, butuh dijalankan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh sebab itu, harus dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata digunakan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma punya sifat sementara sekitar 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dijalankan diawal musim hujan yang disebut waktu baik buat menanggung ketersediaan supply air makanya bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus sungguh-sungguh di ambil bibit yang siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman harus dilakukan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, terutama saat menyobek polibag supaya jangan pernah merusak akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sama sesuai kebutuhan tanam tanaman sela yang di pilih. penentuan tanaman sela harus dikerjakan dengan mencermati rotasi tanaman. Sistem tumpang sari sesuai sama ini bakal berikan manfaat lebih pada petani dikarenakan bisa beroleh penghasilan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dikerjakan merupakan penyulaman bila ada pohon yang mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan di awal masa tanam hingga beberapa minggu. untuk penyiangan gulma, pada dasarnya cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta sudah tak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang ada disekelilingnya. tapi semakin tambah baik jikalau penyiangan dikerjakan lebih teratur supaya lantai hutan lebih bersih maka semakin tambah gampang dalam perawatan tanaman sela dan juga pas panen kelak.

Penggunaan tanaman sela kebanyakan tidaklah terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 tahun. Selagi masih ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberi pupuk. sehabis tiada tanaman sela, barulah diberikan pupuk utk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan optimal.


Pohon Damar Berguna Untuk


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka