Pohon Damar Agathis

Pohon Damar Agathis


Pohon Damar Agathis - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan salah satunya pohon asli Indonesia dan penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang selanjutnya di proses jadi kopal serta jadikan bahan baku bermacam industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi kini udah dibudidayakan di beberapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan makna damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) amat sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, penggunaan istilah kayu damar jadi dimanfaatkan untuk penyebutan kayu dari pohon tipe Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperdagangkan jadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar punya batang pohon dengan ukuran dapat meraih lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat menjangkau lebih dari 1 mtr.. area luar kayu dapat ditumbuhi oleh beraneka type pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punya pembawaan bentuk lonjong serta meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran kira-kira 2 sampai 8 cm. pohon ini menghasilkan biji dengan ukuran kira-kira 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Damar Agathis


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Agathis


Pohon Damar Agathis


Damar atau resin untuk sebagian orang merupakan salah satunya zat asing yang kemungkinan pemakaiannya tak bisa diakui dengan cara langsung. secara prinsip ada dua jenis resin yang dihasilkan dari pohon damar, yaitu style resin yg padat serta cair. Resin padat sebenarnya berasal dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tak miliki aroma yang unik seperti tipe resin cair. dibawah berikut ini yaitu beberapa manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dihasilkan oleh pohon damar dapat difungsikan sebagai salah satu bahan buat membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki pembawaan dan ciri-khas yang bisa hasilkan bubuk kertas berkwalitas. Bahkan type bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat utk bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi product Industri

Damar banyak pula dijadikan tanamam pertanian buat diambil getahnya. Getah damar juga akan diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah dapat dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat privat. Luka sayatan utk mengeluarkan getah bakal dibuat setiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. kemudian getah yang sudah jadi kering juga akan diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yang dibuat dari pemrosesan getah banyak diperlukan untuk buat berbagai produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar punyai ciri-khas pohon yang gampang diketemukan serta bisa ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yg telah besar kebanyakan bisa membuat perlindungan rusaknya tanah dan menghindar kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yg udah mengeras juga di kembangkan jadi obat buat penyakit masalah memori. Amerika jadi diantara peneliti yg mengambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar memiliki salah satu style enzim yang dapat menjadi penghubung untuk memperbaiki memori dan meningkatkan rasa nyaman untuk pasien penyakit masalah memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga memiliki kandungan satu diantara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan efek yang benar-benar besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat ditemukan dalam pohon damar jadi getah damar bisa jadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dahulu getah damar dapat juga menjadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar dapat membuahkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar beda. bukan hanya kemungkinan kecil suatu sementara bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak dimanfaatkan jadi di antara komponen resin aromatik. product ini bisa dijadikan untuk bikin obat khusus untuk menahan nyamuk, obat – obatan buat jamur serta bermacam jenis product lain.

8. Obat Tradisional

Pada masa dulu orang-tua kerapkali pakai damar jadi tanaman obat untuk menangani beragam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga serta sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih tetap dikembangkan menjadi obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga dimanfaatkan sebagai satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional seringkali memanfaatkan bahan damar buat obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri utk membuat cat, lilin serta bermacam bahan pewarna beda.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar memanglah punyai kegunaan yg sangat besar utk industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan jadi bahan industri termasuk zat pewarna serta beraneka style obat-obatan. dibawah ini merupakan beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin yaitu bahan yang benar-benar aman utk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tdk berefek pada lingkungan dan gampang dikendalikan. Biaya industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk dalam ongkos yg rendah hingga bisa mendukung perubahan industri. Sifat kimia serta mekanik yg diketemukan pada bahan damar sangat untungkan buat lingkungan makanya dapat diperkembang.

Resin atau damar masih tetap bisa diperkembang jadi beraneka style obat-obatan yang berguna buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan Lokasi

area yang pas untuk tumbuhnya pohon damar merupakan ruangan pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama tahun, dan punya tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dijalankan dari biji atau dari anakan yang ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diprioritaskan karena kwalitasnya tambah baik. untuk pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua bermutu tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yg telah di isi dengan tanah yang subur dan diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi di bawah naungan agar media semai tidak cepat kering serta benih bisa tumbuh secara cepat. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. diluar itu, butuh ditunaikan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. sehabis berumur lebih kurang 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dijalankan lewat langkah tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, butuh dikerjakan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, harus disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. kebanyakan dipakai akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya miliki sifat sementara lebih kurang 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini sanggup ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan di awal musim hujan sebagai selagi baik untuk menjamin ketersediaan suplai air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus nyata-nyata diseleksi bibit yang siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati agar bibit tidak rusak, khususnya kala menyobek polibag agar jangan sampai mengakibatkan kerusakan akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dikerjakan sesuai sama kepentingan tanam tanaman sela yang di ambil. penentuan tanaman sela harus dijalankan dengan perhatikan perputaran tanaman. system tumpang sari seperti ini dapat berikan fungsi lebih pada petani lantaran bisa memperoleh penghasilan dari tanaman sela selama tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg ditunaikan merupakan penyulaman apabila ada pohon yang mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan diawal masa tanam hingga beberapa minggu. buat penyiangan gulma, pada intinya cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tdk terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekitarnya. tapi semakin tambah baik andaikan penyiangan ditunaikan lebih teratur supaya lantai hutan lebih bersih hingga akan tambah mudah dalam perawatan tanaman sela serta waktu panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela kebanyakan tidaklah terlalu lama, kisarannya adalah usia 4 th.. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberikan pupuk. sesudah tdk ada tanaman sela, baru diberi pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Pohon Damar Agathis


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka