Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia

Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia


Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, sebagai diantara satu pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yg lantas diproses jadi kopal dan dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. tetapi waktu ini telah dibudidayakan di banyak tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai buat penyebutan resin (getah) yg dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) seringkali disebut yaitu kopal. Selain itu, pemakaian arti kayu damar tambah digunakan buat penyebutan kayu dari pohon tipe Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

sifat pohon damar punyai batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat capai lebih dari 1 meter. area luar kayu mau ditumbuhi oleh berbagai tipe pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar punya sifat bentuk lonjong serta meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran seputar 2 hingga 8 cm. pohon ini menghasilkan biji dengan ukuran seputar 7-9 cm untuk diameter.


Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia


Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia


Damar atau resin buat beberapa orang merupakan satu diantara zat asing yang mungkin pemakaiannya tidak dapat diakui dengan langsung. secara prinsip ada dua jenis resin yg dihasilkan dari pohon damar, yaitu style resin yg padat dan cair. Resin padat sesungguhnya datang dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yang ciri khas seperti model resin cair. Dibawah ini yaitu lebih dari satu kegunaan damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yg dihasilkan oleh pohon damar bisa difungsikan jadi salah satunya bahan buat hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki pembawaan serta ciri-ciri yang dapat hasilkan bubuk kertas bermutu. Bahkan tipe bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar miliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar pula banyak dimanfaat untuk bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi Produk Industri

Damar juga banyak dijadikan tanamam pertanian utk di ambil getahnya. Getah damar bakal di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah dapat dilewatkan menumpuk serta jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah mau dibuat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang sudah jadi kering bakal diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yg dibuat dari pengolahan getah banyak difungsikan utk bikin beragam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak juga dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar mempunyai pembawaan pohon yg mudah ditemukan dan bisa ditanam dimanapun. diluar itu ukuran pohon yg udah besar rata-rata dapat buat perlindungan kerusakan tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yg didapatkan dari getah yang sudah mengeras juga diperkembang jadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika menjadi salah satunya peneliti yg mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar miliki diantara satu tipe enzim yang dapat menjadi penghubung buat melakukan perbaikan memori dan menaikkan rasa nyaman untuk penderita penyakit masalah memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan salah satunya senyawa aktif yg disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberi efek yang sangat besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat ditemukan dalam pohon damar maka getah damar dapat jadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada masa dahulu getah damar bisa pula menjadi diantara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti type bahan bakar beda. Bukan tidak mungkin satu pas dapat terwujud bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak difungsikan sebagai diantara komponen resin aromatik. Produk ini dapat dijadikan untuk buat obat teristimewa buat menahan nyamuk, obat – obatan untuk jamur serta beraneka jenis product lain.

8. Obat Tradisional

Pada era dulu orangtua kerap pakai damar menjadi tanaman obat utk menangani beragam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, problem pada telinga dan sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih tetap dikembangkan menjadi obat-obatan termasuk obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga dipakai menjadi satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional sering menggunakan bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri utk bikin cat, lilin dan berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar benar-benar punyai kegunaan yg benar-benar besar untuk industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna dan bermacam tipe obat-obatan. inilah adalah berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin merupakan bahan yang sangat aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tak beresiko pada lingkungan serta enteng dikendalikan. Biaya industri buat pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah jadi bisa mensupport perubahan industri. Sifat kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga sangat untungkan untuk lingkungan sehingga dapat dikembangkan.

Resin atau damar masihlah dapat di kembangkan menjadi beraneka model obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

area yang persis buat tumbuhnya pohon damar adalah area di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., serta punyai tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat ditunaikan dari biji atau dari anakan yg ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan karna kualitasnya lebih baik. utk pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua memiliki kualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yang udah di isi dengan tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan biar media semai tdk cepat kering serta benih bisa tumbuh dengan cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, butuh dilakukan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah berumur seputar 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilakukan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. buat persiapan lahannya, butuh dikerjakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. Oleh karena itu, mesti disiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata difungsikan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya berbentuk sementara lebih kurang 2 th.. sesudah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini mampu ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilakukan diawal musim hujan yang disebut pas baik untuk menanggung ketersediaan suplai air hingga bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti benar-benar di ambil bibit yang siap tanam dengan keadaan yg baik. Penanaman mesti dijalankan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak, khususnya selagi menyobek polibag supaya jangan sempat merusak akar pohon.
Untuk penanaman tanaman sela, ditunaikan sama sesuai keperluan tanam tanaman sela yg dipilih. penentuan tanaman sela harus dijalankan dengan menyimak rotasi tanaman. sistim tumpang sari begini akan berikan kegunaan lebih pada petani lantaran dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg ditunaikan merupakan penyulaman bila ada pohon yg mati serta penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilakukan dimuka masa tanam sampai sebagian minggu. utk penyiangan gulma, pada dasarnya hanya diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang ada di sekitarnya. akan tetapi semakin lebih baik andaikan penyiangan dilakukan lebih rutin biar lantai rimba lebih bersih sehingga semakin lebih gampang dalam perawatan tanaman sela serta saat panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela kebanyakan tidaklah terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 th.. Selagi masih ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberi pupuk. sehabis tdk ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan optimal.


Manfaat Pohon Damar Bagi Manusia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka