Makalah Pohon Damar

Makalah Pohon Damar


Makalah Pohon Damar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, adalah salah satunya pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yg kemudian diproduksi menjadi kopal dan jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) adalah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. Namun kini telah dibudidayakan di berapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan buat penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) seringkali disebut yaitu kopal. diluar itu, pemanfaatan makna kayu damar malah dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjual-belikan menjadi kayu Agatis.

ciri pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran bisa menjangkau lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa menjangkau lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu mau ditumbuhi oleh beraneka style pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punya sifat bentuk lonjong dan meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 sampai 8 cm. pohon ini menghasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.


Makalah Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Makalah Pohon Damar


Makalah Pohon Damar


Damar atau resin bagi beberapa orang adalah salah satunya zat asing yang bisa saja pemakaiannya tidak bisa diakui dengan langsung. secara prinsip ada dua jenis resin yang dihasilkan dari pohon damar, yakni model resin yg padat dan cair. Resin padat sesungguhnya berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tak memiliki aroma yg khas seperti jenis resin cair. dibawah berikut ini merupakan beberapa fungsi damar.

1. jadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar bisa difungsikan menjadi diantara satu bahan buat hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai pembawaan dan ciri-ciri yang dapat menghasilkan bubuk kertas memiliki kwalitas. bahkan juga type bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi product Industri

Damar banyak pula dijadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar juga akan diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah dapat dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan untuk keluarkan getah mau dibuat tiap-tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yang udah mengering dapat di ambil dari tempatnya secara berkala. Resin yg dihasilkan dari pengolahan getah banyak difungsikan untuk bikin beragam product lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar punyai karakter pohon yg mudah ditemukan serta bisa ditanam dimanapun. diluar itu ukuran pohon yg sudah besar umumnya dapat melindungi rusaknya tanah serta menahan kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang sudah mengeras juga di kembangkan jadi obat utk penyakit masalah memori. Amerika menjadi salah satu peneliti yg mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar miliki di antara style enzim yg bisa jadi penghubung utk melakukan perbaikan memori serta menaikkan rasa nyaman untuk pasien penyakit problem memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan diantara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan pengaruh yang sangat besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma bisa ditemukan dalam pohon damar makanya getah damar dapat jadi obat yg begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dahulu getah damar bisa pula jadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti type bahan bakar lain. bukan hanya tidak bisa suatu sementara dapat terwujud bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

model recin cair banyak diperlukan sebagai salah satu komponen resin aromatik. product ini bisa jadikan buat buat obat teristimewa utk menghambat nyamuk, obat – obatan utk jamur serta bermacam model produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada masa dahulu orang-tua sering memakai damar menjadi tanaman obat untuk mengatasi bermacam tipe penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan juga sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yang ciri khas dari damar masih tetap diperkembang sebagai obat-obatan termasuk obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dipakai jadi diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerapkali menggunakan bahan damar buat obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri buat membuat cat, lilin dan beraneka bahan pewarna beda.

Keuntungan memanfaatkan Damar



Damar atau resin yg ditemui dari pohon damar benar-benar memiliki fungsi yang benar-benar besar buat industri. Resin atau damar banyak difungsikan jadi bahan industri termasuk zat pewarna dan berbagai model obat-obatan. inilah merupakan lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

Pada dasarnya resin yaitu bahan yg begitu aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berefek pada lingkungan serta mudah dikendalikan. Biaya industri buat pemrosesan damar atau resin termasuk dalam biaya yang rendah makanya dapat memberi dukungan perkembangan industri. karakter kimia dan mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga untungkan untuk lingkungan hingga dapat dikembangkan.

Resin atau damar masih tetap dapat di kembangkan menjadi berbagai jenis obat-obatan yang bermanfaat utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

area yg pas utk tumbuhnya pohon damar yaitu area pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa ditunaikan dari biji atau dari anakan yang berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan karena kualitasnya lebih baik. utk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua bermutu tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yang udah diisi dengan tanah yg subur serta diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan biar media semai tdk cepat kering dan benih dapat tumbuh dengan cepat. Perawatan dilakukan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, perlu dikerjakan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah berumur kira-kira 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa ditunaikan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, butuh ditunaikan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar memerlukan naungan. oleh karenanya, mesti disiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. Biasanya dipakai akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma berbentuk sementara seputar 2 th.. Setelah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini bisa diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman ditunaikan di muka musim hujan sebagai sementara baik untuk menanggung ketersediaan persediaan air jadi bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus betul-betul di ambil bibit yang siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman harus dijalankan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, khususnya waktu menyobek polibag supaya jangan lantas merusak akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sama sesuai kebutuhan tanam tanaman sela yg di ambil. penentuan tanaman sela mesti dijalankan dengan mencermati rotasi tanaman. sistim tumpang sari sesuai sama ini juga akan memberikannya manfaat lebih pada petani karena dapat memperoleh penghasilan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang ditunaikan yaitu penyulaman sekiranya ada pohon yang mati serta penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dikerjakan dimuka masa tanam hingga sebagian minggu. untuk penyiangan gulma, pada intinya cuma diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tidak terganggu kembali oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekitarnya. akan tetapi semakin tambah baik andaikan penyiangan dilaksanakan lebih rutin agar lantai rimba lebih bersih sehingga akan lebih gampang dalam perawatan tanaman sela serta kala panen nanti.

pemakaian tanaman sela rata-rata tidak terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 th.. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberi pupuk. sesudah tidak ada tanaman sela, baru diberikan pupuk utk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan maksimum.


Makalah Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka