Lokasi Pohon Damar

Lokasi Pohon Damar


Lokasi Pohon Damar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, menjadi diantara pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg kemudian dibuat menjadi kopal serta jadikan bahan baku beraneka industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi waktu ini udah dibudidayakan di berapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yg dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, penggunaan arti kayu damar jadi diperlukan utk penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan sebagai kayu Agatis.

sifat pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran bisa capai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat menjangkau lebih dari 1 meter. Bagian luar kayu akan ditumbuhi oleh beragam model pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki sifat bentuk lonjong serta meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran sekitaran 2 sampai 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.


Lokasi Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Lokasi Pohon Damar


Lokasi Pohon Damar


Damar atau resin untuk beberapa orang merupakan salah satu zat asing yg mungkin saja penggunaannya tidak dapat disadari dengan langsung. pada prinsipnya ada dua jenis resin yang dihasilkan dari pohon damar, yakni tipe resin yg padat serta cair. Resin padat sebetulnya berasal dari resin cair yang sudah menguap. Resin padat tdk mempunyai aroma yang khas seperti tipe resin cair. berikut ini adalah lebih dari satu manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar dapat digunakan menjadi di antara bahan buat membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar mempunyai karakter serta pembawaan yg dapat hasilkan bubuk kertas memiliki kualitas. bahkan juga tipe bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar punya tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan bikin kontruksi tempat tinggal.

2. jadi product Industri

Damar pula banyak dijadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar mau di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah akan dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah mau di buat setiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang telah mengering akan diambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dibuat dari pemrosesan getah banyak digunakan untuk buat bermacam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar miliki ciri-khas pohon yang gampang diketemukan dan dapat ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang telah besar umumnya dapat membuat perlindungan rusaknya tanah serta menghindar kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yg diperoleh dari getah yang telah mengeras juga di kembangkan menjadi obat untuk penyakit masalah memori. Amerika jadi salah satu peneliti yang mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar memiliki diantara style enzim yg bisa jadi perantara buat memperbaiki memori serta menaikkan rasa nyaman buat penderita penyakit problem memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan diantara satu senyawa aktif yg dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberi efek yang sangat besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat diketemukan dalam pohon damar hingga getah damar bisa menjadi obat yang sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dulu getah damar dapat juga jadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat membuahkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti style bahan bakar beda. Bukan tidak bisa suatu selagi dapat terwujud bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak dimanfaatkan menjadi salah satunya komponen resin aromatik. product ini dapat dijadikan untuk buat obat privat buat menahan nyamuk, obat – obatan utk jamur serta bermacam tipe produk lain.

8. Obat Tradisional

Pada masa dahulu orangtua seringkali pakai damar jadi tanaman obat utk mengatasi beraneka type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga serta sakit mata. Hingga saat ini komponen senyawa aromatik yg unik dari damar masihlah di kembangkan sebagai obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak diperlukan menjadi diantara satu bahan pewarna alami. Batik tradisional sering menggunakan bahan damar buat obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri untuk membuat cat, lilin dan bermacam bahan pewarna lain.

Keuntungan memanfaatkan Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar memanglah memiliki fungsi yang sangat besar buat industri. Resin atau damar banyak dimanfaatkan sebagai bahan industri termasuk juga zat pewarna dan berbagai style obat-obatan. dibawah ini adalah lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

Pada dasarnya resin merupakan bahan yang begitu aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berefek pada lingkungan dan mudah dikendalikan. Biaya industri buat pengolahan damar atau resin termasuk dalam biaya yang rendah hingga dapat mendukung perubahan industri. pembawaan kimia serta mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga untungkan untuk lingkungan jadi bisa dikembangkan.

Resin atau damar masih bisa dikembangkan jadi beragam model obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

tempat yang persis untuk tumbuhnya pohon damar adalah ruang pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama tahun, dan miliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dikerjakan dari biji atau dari anakan yg berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diprioritaskan lantaran mutunya lebih baik. untuk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua memiliki kwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yg telah diisi dengan tanah yg subur dan di beri pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tidak cepat kering serta benih bisa tumbuh dengan cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, butuh dijalankan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah berumur sekitar 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, perlu dijalankan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar memerlukan naungan. Oleh karena itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. kebanyakan dimanfaatkan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma bersifat sementara lebih kurang 2 th.. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman ditunaikan dimuka musim hujan yang merupakan waktu baik untuk menjamin ketersediaan pasokan air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus betul-betul dipilih bibit yg siap tanam dengan keadaan yang baik. Penanaman mesti ditunaikan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, terlebih waktu menyobek polibag agar jangan sampai merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dilakukan sesuai sama keperluan tanam tanaman sela yg diseleksi. Pemilihan tanaman sela mesti ditunaikan dengan perhatikan perputaran tanaman. sistim tumpang sari mirip ini bakal memberi fungsi lebih pada petani karna dapat beroleh penghasilan dari tanaman sela selagi tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilaksanakan adalah penyulaman sekiranya ada pohon yg mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan dimuka masa tanam sampai berapa minggu. untuk penyiangan gulma, pada prinsipnya cuma dibutuhkan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta sudah tdk terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang ada disekelilingnya. namun semakin tambah baik jikalau penyiangan dilaksanakan lebih teratur supaya lantai hutan lebih bersih sehingga semakin lebih mudah dalam perawatan tanaman sela dan juga saat panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela rata-rata tidak terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 tahun. Selagi masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberikan pupuk. sehabis tiada tanaman sela, baru diberikan pupuk buat menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Lokasi Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka