Jenis Pohon Damar

Jenis Pohon Damar


Jenis Pohon Damar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, sebagai di antara pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang lalu dibuat menjadi kopal dan jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. Namun saat ini sudah dibudidayakan di beberapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan makna damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga difungsikan buat penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, penggunaan arti kayu damar jadi diperlukan buat penyebutan kayu dari pohon tipe Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjual-belikan sebagai kayu Agatis.

sifat pohon damar miliki batang pohon dengan ukuran bisa menggapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat menggapai lebih dari 1 meter. sisi luar kayu juga akan ditumbuhi oleh beraneka tipe pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar memiliki karakter bentuk lonjong serta meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran seputar 2 sampai 8 cm. pohon ini hasilkan biji dengan ukuran seputar 7-9 cm buat diameter.


Jenis Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Jenis Pohon Damar


Jenis Pohon Damar


Damar atau resin bagi sebagian orang merupakan diantara zat asing yang barangkali pemakaiannya tak dapat disadari dengan cara langsung. pada intinya ada dua type resin yang dihasilkan dari pohon damar, yaitu jenis resin yg padat dan cair. Resin padat memang datang dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tdk miliki aroma yang unik seperti model resin cair. Dibawah ini adalah sebagian faedah damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar dapat dipakai jadi salah satunya bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punya pembawaan serta pembawaan yang dapat membuahkan bubuk kertas memiliki kwalitas. bahkan juga type bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat utk bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi product Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar juga akan diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah mau dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat spesial. Luka sayatan buat keluarkan getah akan di buat tiap-tiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yg telah jadi kering bakal di ambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dibuat dari pengolahan getah banyak digunakan untuk membuat berbagai product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar memiliki ciri-ciri pohon yg gampang ditemukan dan dapat ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yg sudah besar biasanya dapat membuat perlindungan kerusakan tanah dan menghindar kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yang udah mengeras juga diperkembangkan jadi obat buat penyakit gangguan memori. Amerika jadi diantara peneliti yg mengambil subjek pengobatan dengan damar. Getah damar mempunyai diantara satu jenis enzim yg dapat menjadi penghubung buat memperbaiki memori serta meningkatkan rasa nyaman utk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan salah satunya senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan pengaruh yang sangatlah besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa ditemukan dalam pohon damar sehingga getah damar dapat menjadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar bisa juga menjadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti type bahan bakar lain. Bukan tidak bisa satu selagi dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

model recin cair banyak digunakan jadi diantara komponen resin aromatik. Produk ini bisa dijadikan untuk buat obat spesial utk menghambat nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan bermacam type product lain.

8. Obat Tradisional

Pada era dulu orangtua kerapkali memakai damar menjadi tanaman obat untuk mengatasi berbagai tipe penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang ciri khas dari damar masih diperkembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak diperlukan sebagai satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional sering menggunakan bahan damar untuk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk membuat cat, lilin dan beragam bahan pewarna beda.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yang diperoleh dari pohon damar memanglah mempunyai fungsi yang begitu besar untuk industri. Resin atau damar banyak dipakai sebagai bahan industri termasuk zat pewarna dan bermacam model obat-obatan. berikut yaitu lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin merupakan bahan yang sangat aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tidak berefek pada lingkungan serta enteng dikendalikan. cost industri buat pemrosesan damar atau resin termasuk dalam biaya yg rendah sehingga dapat memberi dukungan perkembangan industri. Sifat kimia dan mekanik yg ditemukan pada bahan damar juga pula untungkan untuk lingkungan hingga bisa diperkembang.

Resin atau damar masih tetap dapat di kembangkan menjadi beraneka type obat-obatan yg bermanfaat utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

Lokasi yang tepat utk tumbuhnya pohon damar merupakan area di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, dan punya tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat ditunaikan dari biji atau dari anakan yg ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan karena kwalitetnya tambah baik. utk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua berkualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yang telah berisi tanah yg subur serta di beri pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan agar media semai tak cepat kering dan benih dapat tumbuh dng cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. diluar itu, butuh dilakukan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sehabis berusia kira-kira 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilakukan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. buat persiapan lahannya, butuh dijalankan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata dimanfaatkan akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini hanya miliki sifat sementara sekitar 2 tahun. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dikerjakan dimuka musim hujan yang disebut waktu baik buat menanggung ketersediaan supply air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus nyata-nyata diambil bibit yang siap tanam dengan situasi yang baik. Penanaman mesti dijalankan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, lebih-lebih sementara menyobek polibag biar jangan sempat merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dikerjakan sesuai dengan kebutuhan tanam tanaman sela yang diseleksi. penentuan tanaman sela mesti dikerjakan dengan perhatikan rotasi tanaman. Sistem tumpang sari mirip ini bakal memberi manfaat lebih pada petani karena bisa mendapatkan penghasilan dari tanaman sela selama tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dikerjakan merupakan penyulaman sekiranya ada pohon yg mati serta penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilakukan di muka masa tanam hingga sebagian minggu. untuk penyiangan gulma, pada intinya hanya dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta sudah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada di sekitarnya. akan tetapi semakin tambah baik andaikata penyiangan ditunaikan lebih rutin supaya lantai rimba lebih bersih hingga semakin lebih gampang dalam perawatan tanaman sela serta selagi panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela rata-rata tidaklah terlalu lama, kisarannya yaitu usia 4 tahun. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberikan pupuk. sehabis tidak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan optimal.


Jenis Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka