Harga Pohon Damar

Harga Pohon Damar


Harga Pohon Damar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, adalah satu diantara pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg lantas dibuat menjadi kopal dan dijadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi saat ini sudah dibudidayakan di berapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan untuk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) amat sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, pemanfaatan makna kayu damar malah dimanfaatkan buat penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu Agatis.

Karakter pohon damar punya batang pohon dengan ukuran bisa meraih lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa menjangkau lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu mau ditumbuhi oleh beragam type pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar punyai karakter bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran seputar 2 hingga 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran seputar 7-9 cm buat diameter.


Harga Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Pohon Damar


Harga Pohon Damar


Damar atau resin untuk beberapa orang yaitu diantara satu zat asing yg kemungkinan penggunaannya tdk dapat disadari dengan langsung. Pada dasarnya ada dua type resin yang dihasilkan dari pohon damar, yakni style resin yang padat dan cair. Resin padat sebetulnya berasal dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tdk memiliki aroma yang unik seperti jenis resin cair. Dibawah ini yaitu berapa fungsi damar.

1. jadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar bisa dimanfaatkan jadi salah satunya bahan untuk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki sifat dan pembawaan yang bisa menghasilkan bubuk kertas berkualitas. Bahkan type bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar punya tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat untuk bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi Produk Industri

Damar banyak juga jadikan tanamam pertanian buat diambil getahnya. Getah damar mau diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah bakal dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat khusus. Luka sayatan utk keluarkan getah akan di buat tiap tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yg telah jadi kering bakal di ambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak dipakai utk buat berbagai product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar punya sifat pohon yang mudah ditemukan dan bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yg telah besar kebanyakan bisa membuat perlindungan kerusakan tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yg udah mengeras juga dikembangkan jadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika menjadi diantara satu peneliti yang mengambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar miliki di antara tipe enzim yang bisa jadi penghubung utk melakukan perbaikan memori dan menambah rasa nyaman untuk penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan di antara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan pengaruh yang sangat besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat diketemukan dalam pohon damar makanya getah damar dapat menjadi obat yg begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada zaman dahulu getah damar dapat juga jadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti style bahan bakar beda. Bukan tidak bisa suatu sementara dapat terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak difungsikan sebagai satu diantara komponen resin aromatik. product ini dapat jadikan untuk membuat obat khusus buat menahan nyamuk, obat – obatan utk jamur serta berbagai type product lain.

8. Obat tradisionil

Pada era dulu orang-tua kerapkali menggunakan damar jadi tanaman obat untuk menangani beraneka tipe penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga serta sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yg unik dari damar masih tetap diperkembangkan sebagai obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga difungsikan sebagai satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerap pakai bahan damar utk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri utk buat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna lain.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar memang memiliki fungsi yang sangat besar untuk industri. Resin atau damar banyak digunakan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna dan beragam model obat-obatan. berikut merupakan berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin adalah bahan yg sangatlah aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak berefek pada lingkungan serta gampang dikendalikan. cost industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah jadi dapat mensupport perkembangan industri. pembawaan kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga pula untungkan untuk lingkungan hingga dapat di kembangkan.

Resin atau damar masih tetap bisa dikembangkan menjadi bermacam type obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan Lokasi

tempat yang pas utk tumbuhnya pohon damar merupakan ruangan pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, serta punyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dikerjakan dari biji atau dari anakan yang berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan lantaran mutunya tambah baik. Untuk pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua memiliki kualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yang udah di isi dengan tanah yg subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan supaya media semai tak cepat kering serta benih dapat tumbuh dng cepat. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, butuh dilaksanakan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. sesudah berumur lebih kurang 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dijalankan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela berbentuk tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, butuh ditunaikan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar membutuhkan naungan. Oleh karena itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. kebanyakan digunakan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma bersifat sesaat kira-kira 2 th.. Setelah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan diawal musim hujan sebagai sementara baik untuk menjamin ketersediaan pasokan air maka bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon jadi kuat. Dalam penanaman mesti betul-betul diambil bibit yg siap tanam dengan kondisi yg baik. Penanaman mesti dijalankan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak, khususnya sementara menyobek polibag biar jangan lantas mengakibatkan kerusakan akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, ditunaikan sesuai dengan keperluan tanam tanaman sela yang di pilih. Pemilihan tanaman sela harus dilakukan dengan menyimak rotasi tanaman. Sistem tumpang sari seperti ini dapat memberikannya faedah lebih pada petani dikarenakan dapat memperoleh pendapatan dari tanaman sela selagi tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang ditunaikan adalah penyulaman kalau ada pohon yang mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman ditunaikan diawal masa tanam hingga lebih dari satu minggu. Untuk penyiangan gulma, pada dasarnya hanya diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta udah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yg berada di sekelilingnya. namun semakin lebih baik andaikan penyiangan dilaksanakan lebih rutin agar lantai rimba lebih bersih makanya akan lebih gampang dalam perawatan tanaman sela serta pas panen kelak.

Penggunaan tanaman sela biasanya tidaklah terlalu lama, kisarannya adalah usia 4 tahun. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberi pupuk. sesudah tidak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk buat menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar dapat tumbuh dengan optimal.


Harga Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka