Harga Kayu Damar Laut 2016

Harga Kayu Damar Laut 2016


Harga Kayu Damar Laut 2016 - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, adalah diantara satu pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg lantas diproduksi jadi kopal serta dijadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. Namun saat ini udah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai untuk penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemanfaatan makna kayu damar malah difungsikan untuk penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjual-belikan menjadi kayu Agatis.

pembawaan pohon damar punya batang pohon dengan ukuran dapat menjangkau lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat menjangkau lebih dari 1 mtr.. area luar kayu dapat ditumbuhi oleh beraneka tipe pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar mempunyai ciri bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 hingga 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran kurang lebih 7-9 cm untuk diameter.


Harga Kayu Damar Laut 2016


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Kayu Damar Laut 2016


Harga Kayu Damar Laut 2016


Damar atau resin untuk beberapa orang merupakan diantara zat asing yang kemungkinan pemakaiannya tak bisa disadari secara segera. secara prinsip ada dua jenis resin yang dibuat dari pohon damar, yakni type resin yang padat dan cair. Resin padat sesungguhnya datang dari resin cair yg telah menguap. Resin padat tak mempunyai aroma yg ciri khas seperti model resin cair. berikut ini merupakan beberapa kegunaan damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar dapat dipakai menjadi salah satu bahan buat membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki pembawaan serta ciri-khas yang bisa menghasilkan bubuk kertas memiliki kwalitas. bahkan juga tipe bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar pula banyak dimanfaat buat bahan buat kontruksi rumah.

2. jadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian utk di ambil getahnya. Getah damar bakal diambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah juga akan dibiarkan menumpuk dan mengering pada tempat spesial. Luka sayatan buat mengeluarkan getah dapat dibuat tiap tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang sudah mengering juga akan diambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dihasilkan dari pemrosesan getah banyak dimanfaatkan buat bikin beraneka product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar punyai ciri-khas pohon yg mudah ditemukan serta bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang udah besar kebanyakan dapat membuat perlindungan rusaknya tanah dan menahan kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yang sudah mengeras juga di kembangkan jadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi diantara satu peneliti yang mengambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar memiliki salah satu style enzim yg dapat menjadi perantara utk memperbaiki memori dan tingkatkan rasa nyaman buat penderita penyakit gangguan memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung diantara satu senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan efek yg sangat besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan konsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma dapat ditemukan dalam pohon damar maka getah damar bisa jadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dahulu getah damar bisa juga jadi satu diantara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa hasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti type bahan bakar lain. bukan hanya tidak mungkin satu waktu dapat terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

tipe recin cair banyak dimanfaatkan sebagai diantara komponen resin aromatik. Produk ini bisa dijadikan utk buat obat privat buat mencegah nyamuk, obat – obatan untuk jamur serta beragam model product beda.

8. Obat Tradisional

Pada jaman dahulu orangtua seringkali memakai damar jadi tanaman obat untuk menangani beraneka model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masihlah diperkembangkan jadi obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dipakai menjadi diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil seringkali pakai bahan damar untuk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri untuk buat cat, lilin dan beragam bahan pewarna lain.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar memanglah punya faedah yang begitu besar utk industri. Resin atau damar banyak digunakan jadi bahan industri termasuk zat pewarna serta beraneka jenis obat-obatan. di bawah ini yaitu berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin yaitu bahan yang sangat aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tak berefek pada lingkungan dan gampang dikendalikan. cost industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam ongkos yang rendah jadi dapat mensupport perkembangan industri. Sifat kimia serta mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga sangat menguntungkan buat lingkungan jadi dapat di kembangkan.

Resin atau damar masih bisa diperkembang jadi beraneka jenis obat-obatan yang bermanfaat utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

tempat yang persis untuk tumbuhnya pohon damar yaitu ruangan di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang tahun, serta memiliki tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dijalankan dari biji atau dari anakan yg ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karena mutunya tambah baik. utk pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua memiliki kwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag mempunyai ukuran ½ kilo yang sudah diisi dengan tanah yang subur dan di beri pupuk. Polibag mesti disusun rapi di bawah naungan agar media semai tidak cepat kering dan benih bisa tumbuh dengan cepat. Perawatan dikerjakan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, perlu dilaksanakan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. sehabis berumur sekitar 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan dengan cara tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. Untuk persiapan lahannya, perlu dikerjakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. Oleh karena itu, harus disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata dimanfaatkan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma punya sifat sesaat kurang lebih 2 th.. Setelah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dikerjakan diawal musim hujan sebagai waktu baik utk menanggung ketersediaan pasokan air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus serius diseleksi bibit yg siap tanam dengan situasi yg baik. Penanaman mesti ditunaikan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak, lebih-lebih saat menyobek polibag supaya jangan lantas merusak akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, dijalankan sesuai sama keperluan tanam tanaman sela yg di ambil. penentuan tanaman sela mesti dijalankan dengan menyimak perputaran tanaman. Sistem tumpang sari seperti ini juga akan memberikannya manfaat lebih pada petani dikarenakan dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selama menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dijalankan adalah penyulaman andaikata ada pohon yg mati serta penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan dimuka masa tanam hingga lebih dari satu minggu. utk penyiangan gulma, pada dasarnya cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang ada disekelilingnya. namun akan tambah baik seandainya penyiangan dilaksanakan lebih teratur biar lantai rimba lebih bersih makanya akan tambah mudah dalam perawatan tanaman sela serta pas panen nanti.

pemakaian tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya yaitu umur 4 th.. Selama masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak usah diberikan pupuk. Setelah tak ada tanaman sela, baru diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Harga Kayu Damar Laut 2016


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka