Harga Bibit Kayu Damar

Harga Bibit Kayu Damar


Harga Bibit Kayu Damar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, ialah diantara pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg lalu di proses menjadi kopal serta jadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. tetapi kini udah dibudidayakan di berapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian istilah damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga diperlukan utk penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) seringkali dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemanfaatan istilah kayu damar jadi dimanfaatkan untuk penyebutan kayu dari pohon type Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperdagangkan menjadi kayu Agatis.

Karakter pohon damar punyai batang pohon dengan ukuran dapat menjangkau lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat menggapai lebih dari 1 meter. area luar kayu juga akan ditumbuhi oleh berbagai type pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki karakter bentuk lonjong serta meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 sampai 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran kurang lebih 7-9 cm utk diameter.


Harga Bibit Kayu Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Bibit Kayu Damar


Harga Bibit Kayu Damar


Damar atau resin bagi beberapa orang merupakan salah satu zat asing yg kemungkinan penggunaannya tak dapat diakui secara langsung. Pada dasarnya ada dua model resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu type resin yang padat serta cair. Resin padat memang berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tidak punyai aroma yang unik seperti style resin cair. di bawah ini yaitu sebagian kegunaan damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yg dihasilkan oleh pohon damar dapat dimanfaatkan menjadi salah satunya bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai sifat serta ciri-khas yang dapat menghasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga style bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat buat bahan membuat kontruksi rumah.

2. Menjadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar juga akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah bakal dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat teristimewa. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah dapat dibuat tiap tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yg sudah jadi kering akan diambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak diperlukan utk buat berbagai produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar mempunyai pembawaan pohon yg gampang diketemukan serta dapat ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang telah besar rata-rata dapat melindungi kerusakan tanah serta mencegah kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang udah mengeras juga di kembangkan jadi obat utk penyakit masalah memori. Amerika menjadi salah satu peneliti yg mengambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar mempunyai diantara style enzim yg dapat menjadi perantara untuk memperbaiki memori dan menambah rasa nyaman utk penderita penyakit problem memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan diantara satu senyawa aktif yg dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan efek yang benar-benar besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar sehingga getah damar dapat jadi obat yg begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada masa dahulu getah damar bisa pula menjadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti model bahan bakar lain. bukan hanya tidak mungkin satu pas dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak difungsikan menjadi satu diantara komponen resin aromatik. product ini bisa jadikan buat membuat obat pribadi untuk menahan nyamuk, obat – obatan untuk jamur serta beragam tipe product beda.

8. Obat Tradisional

Pada zaman dulu orang-tua sering menggunakan damar jadi tanaman obat untuk menanggulangi beragam tipe penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan juga sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masihlah diperkembangkan menjadi obat-obatan termasuk juga obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak dimanfaatkan jadi salah satunya bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerap menggunakan bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak juga diserap industri buat membuat cat, lilin dan beraneka bahan pewarna lain.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar benar-benar punyai manfaat yang sangatlah besar untuk industri. Resin atau damar banyak diperlukan menjadi bahan industri termasuk zat pewarna serta beraneka style obat-obatan. dibawah ini adalah beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin adalah bahan yang begitu aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tak beresiko pada lingkungan dan enteng dikendalikan. ongkos industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk dalam cost yang rendah hingga dapat mensupport perkembangan industri. karakter kimia serta mekanik yg ditemukan pada bahan damar juga untungkan untuk lingkungan sehingga bisa diperkembang.

Resin atau damar masih dapat diperkembangkan menjadi beraneka type obat-obatan yang bermanfaat untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan tempat

tempat yg tepat untuk tumbuhnya pohon damar adalah ruang di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., dan punyai tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilakukan dari biji atau dari anakan yg ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karena kualitasnya tambah baik. untuk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua berkualitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang telah di isi dengan tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan agar media semai tdk cepat kering dan benih bisa tumbuh dng cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap-tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, perlu dikerjakan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sesudah berusia sekitar 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilaksanakan melalui cara tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, perlu dilaksanakan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. Oleh karena itu, mesti disiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata dipakai akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma bersifat sesaat kurang lebih 2 th.. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilakukan dimuka musim hujan yang disebut sementara baik untuk menanggung ketersediaan pasokan air makanya bibit bisa tumbuh dengan baik hingga pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus nyata-nyata diseleksi bibit yg siap tanam dengan keadaan yang baik. Penanaman mesti dilaksanakan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, khususnya pas menyobek polibag biar jangan sempat merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, ditunaikan sesuai dengan kepentingan tanam tanaman sela yang diambil. Pemilihan tanaman sela harus dijalankan dengan memerhatikan perputaran tanaman. Sistem tumpang sari begini bakal memberikan faedah lebih pada petani karna bisa memperoleh pendapatan dari tanaman sela selama menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang ditunaikan merupakan penyulaman andaikata ada pohon yg mati serta penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan di awal masa tanam sampai sebagian minggu. utk penyiangan gulma, secara prinsip hanya diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta sudah tak terganggu kembali oleh tumbuhan-tumbuhan lain yg berada di sekitarnya. akan tetapi semakin tambah baik bila penyiangan dilakukan lebih teratur supaya lantai hutan lebih bersih jadi akan tambah enteng dalam perawatan tanaman sela serta pas panen kelak.

pemakaian tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya merupakan umur 4 tahun. Selagi masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberikan pupuk. sehabis tak ada tanaman sela, baru diberi pupuk buat menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan optimal.


Harga Bibit Kayu Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka