Bibit Kayu Damar

Bibit Kayu Damar


Bibit Kayu Damar - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, sebagai satu diantara pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yg lalu dibuat menjadi kopal serta jadikan bahan baku bermacam industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi kini udah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan makna damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dimanfaatkan untuk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) seringkali dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemanfaatan makna kayu damar malah difungsikan utk penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu Agatis.

ciri-khas pohon damar miliki batang pohon dengan ukuran dapat mencapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat menggapai lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu bakal ditumbuhi oleh beraneka style pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar punya sifat bentuk lonjong serta meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran sekitaran 2 hingga 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran lebih kurang 7-9 cm buat diameter.


Bibit Kayu Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Bibit Kayu Damar


Bibit Kayu Damar


Damar atau resin buat sebagian orang yaitu diantara satu zat asing yang kemungkinan penggunaannya tidak dapat diakui dengan segera. secara prinsip ada dua type resin yang dihasilkan dari pohon damar, yakni type resin yg padat serta cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak punya aroma yang khas seperti type resin cair. di bawah ini merupakan lebih dari satu manfaat damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar dapat dipakai menjadi diantara satu bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki karakter dan karakter yang dapat hasilkan bubuk kertas berkwalitas. bahkan juga style bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat untuk bahan buat kontruksi rumah.

2. jadi Produk Industri

Damar pula banyak jadikan tanamam pertanian utk diambil getahnya. Getah damar bakal di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah akan dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat khusus. Luka sayatan untuk keluarkan getah mau dibuat setiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang telah mengering juga akan di ambil dari tempatnya secara berkala. Resin yang dibuat dari pengolahan getah banyak dimanfaatkan untuk membuat beragam product lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar pula banyak jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki sifat pohon yang gampang diketemukan serta bisa ditanam dimanapun. diluar itu ukuran pohon yang telah besar umumnya bisa buat perlindungan rusaknya tanah serta menahan kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang udah mengeras juga di kembangkan menjadi obat untuk penyakit masalah memori. Amerika menjadi satu diantara peneliti yang mengambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar miliki diantara satu type enzim yang bisa jadi penghubung buat melakukan perbaikan memori serta tingkatkan rasa nyaman utk pasien penyakit gangguan memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan salah satunya senyawa aktif yg dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikannya efek yg sangatlah besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat ditemukan dalam pohon damar maka getah damar bisa jadi obat yg sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dahulu getah damar juga bisa jadi salah satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa hasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar lain. Bukan kemungkinan kecil satu pas bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

tipe recin cair banyak digunakan menjadi salah satu komponen resin aromatik. Produk ini dapat dijadikan untuk buat obat spesial untuk menghambat nyamuk, obat – obatan utk jamur dan berbagai model produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada masa dulu orang tua seringkali memakai damar menjadi tanaman obat untuk menanggulangi beragam jenis penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, masalah pada telinga dan sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih diperkembangkan menjadi obat-obatan termasuk juga obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak difungsikan menjadi salah satunya bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerapkali menggunakan bahan damar buat obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar banyak juga diserap industri untuk bikin cat, lilin serta bermacam bahan pewarna lain.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar benar-benar punya manfaat yg sangat besar utk industri. Resin atau damar banyak digunakan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna dan beraneka style obat-obatan. di bawah ini yaitu lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin merupakan bahan yg benar-benar aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tdk beresiko pada lingkungan dan enteng dikendalikan. Biaya industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yg rendah jadi bisa memberi dukungan perkembangan industri. pembawaan kimia serta mekanik yg ditemukan pada bahan damar juga untungkan buat lingkungan jadi bisa diperkembang.

Resin atau damar masihlah dapat diperkembang jadi berbagai style obat-obatan yang berguna untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

Lokasi yg tepat buat tumbuhnya pohon damar merupakan area di ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan memiliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dilakukan dari biji atau dari anakan yang berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan lantaran mutunya tambah baik. buat pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua bermutu tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yg sudah di isi dengan tanah yang subur serta di beri pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan biar media semai tak cepat kering dan benih bisa tumbuh secepatnya. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap tiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, butuh dilaksanakan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah berusia sekitar 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan melalui langkah tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, butuh ditunaikan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar membutuhkan naungan. oleh sebab itu, harus dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. Biasanya dipakai akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma berbentuk sementara sekitaran 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini bisa diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman ditunaikan dimuka musim hujan sebagai waktu baik buat menjamin ketersediaan suplai air maka bibit bisa tumbuh dengan baik hingga pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus serius diseleksi bibit yang siap tanam dengan situasi yang baik. Penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati supaya bibit tdk rusak, lebih-lebih sementara menyobek polibag supaya jangan sempat merusak akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, dijalankan sesuai sama kepentingan tanam tanaman sela yang di pilih. Pemilihan tanaman sela mesti dikerjakan dengan perhatikan rotasi tanaman. sistim tumpang sari seperti ini mau memberikan manfaat lebih pada petani lantaran bisa memperoleh pendapatan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilaksanakan adalah penyulaman kalau ada pohon yang mati serta penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dijalankan diawal masa tanam sampai beberapa minggu. untuk penyiangan gulma, secara prinsip hanya diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta udah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yg ada disekitarnya. tapi semakin lebih baik kalau penyiangan dilaksanakan lebih rutin supaya lantai rimba lebih bersih hingga akan tambah enteng dalam perawatan tanaman sela dan juga selagi panen kelak.

pemanfaatan tanaman sela umumnya tidaklah terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 th.. Selagi masih ada tanaman sela, pohon damar tidak perlu diberikan pupuk. Setelah tiada tanaman sela, barulah diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan maksimal.


Bibit Kayu Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka