Pohon Damar Digunakan Untuk

Pohon Damar Digunakan Untuk


Pohon Damar Digunakan Untuk - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, sebagai diantara satu pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg lantas di proses jadi kopal serta dijadikan bahan baku bermacam industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. Namun waktu ini udah dibudidayakan di berapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan makna damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga difungsikan untuk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) seringkali dikatakan sebagai kopal. Selain itu, pemanfaatan makna kayu damar jadi difungsikan buat penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu Agatis.

sifat pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran bisa meraih lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat meraih lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu bakal ditumbuhi oleh beraneka jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki pembawaan bentuk lonjong serta meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran sekitaran 2 hingga 8 cm. pohon ini juga hasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm buat diameter.


Pohon Damar Digunakan Untuk


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Digunakan Untuk


Pohon Damar Digunakan Untuk


Damar atau resin untuk sebagian orang yaitu salah satu zat asing yang kemungkinan pemakaiannya tidak dapat disadari dengan cara segera. secara prinsip ada dua model resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu jenis resin yg padat serta cair. Resin padat sesungguhnya berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tak punyai aroma yg khas seperti type resin cair. dibawah berikut ini merupakan lebih dari satu kegunaan damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar dapat difungsikan sebagai diantara bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punya karakter dan karakter yg dapat hasilkan bubuk kertas memiliki kualitas. bahkan juga model bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar punya tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat untuk bahan buat kontruksi rumah.

2. jadi product Industri

Damar banyak juga jadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar mau diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah mau dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat khusus. Luka sayatan untuk keluarkan getah mau dibuat tiap-tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yang telah jadi kering juga akan diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yg dihasilkan dari pengolahan getah banyak diperlukan untuk membuat beragam product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar juga banyak dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar memiliki ciri-ciri pohon yg mudah ditemukan serta bisa ditanam dimana saja. Selain itu ukuran pohon yang telah besar umumnya bisa membuat perlindungan kerusakan tanah dan mencegah kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yg diperoleh dari getah yg sudah mengeras juga di kembangkan jadi obat untuk penyakit masalah memori. Amerika menjadi salah satunya peneliti yang mengambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar mempunyai di antara style enzim yang dapat menjadi penghubung untuk melakukan perbaikan memori dan menambah rasa nyaman untuk pasien penyakit masalah memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga memiliki kandungan di antara senyawa aktif yg dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan efek yg sangatlah besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa ditemukan dalam pohon damar hingga getah damar bisa menjadi obat yang begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dahulu getah damar juga dapat jadi salah satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar beda. Bukan mustahil satu pas dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak dipakai sebagai salah satu komponen resin aromatik. Produk ini dapat dijadikan untuk bikin obat teristimewa untuk menahan nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan berbagai tipe produk beda.

8. Obat Tradisional

Pada jaman dahulu orang-tua kerap menggunakan damar sebagai tanaman obat untuk mengatasi berbagai type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, persoalan pada telinga serta sakit mata. Hingga saat ini komponen senyawa aromatik yg ciri khas dari damar masihlah di kembangkan jadi obat-obatan termasuk obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak difungsikan sebagai satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil sering memanfaatkan bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri untuk membuat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yang diperoleh dari pohon damar memanglah memiliki fungsi yg benar-benar besar utk industri. Resin atau damar banyak difungsikan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna dan beraneka model obat-obatan. dibawah ini adalah sebagian keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin yaitu bahan yg begitu aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tdk berefek pada lingkungan serta gampang dikendalikan. ongkos industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah sehingga dapat memberi dukungan perkembangan industri. karakter kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga untungkan untuk lingkungan maka dapat diperkembangkan.

Resin atau damar masih bisa dikembangkan menjadi bermacam tipe obat-obatan yang berguna untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

tempat yg pas untuk tumbuhnya pohon damar yaitu area pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., serta memiliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dilaksanakan dari biji atau dari anakan yg berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karena kwalitetnya tambah baik. untuk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua bermutu tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag berukuran ½ kilo yg telah di isi dengan tanah yang subur dan diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan biar media semai tak cepat kering dan benih dapat tumbuh secara cepat. Perawatan dilakukan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, perlu dilakukan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. sesudah berumur kira-kira 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dikerjakan melalui langkah tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, perlu dilaksanakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, harus dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. Biasanya digunakan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma miliki sifat sesaat kira-kira 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini sanggup ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dikerjakan di muka musim hujan yang merupakan kala baik utk menanggung ketersediaan persediaan air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus nyata-nyata dipilih bibit yang siap tanam dengan kondisi yg baik. Penanaman harus dilaksanakan dengan hati-hati agar bibit tidak rusak, terutama selagi menyobek polibag supaya jangan lantas menyebabkan kerusakan akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, ditunaikan sama sesuai kebutuhan tanam tanaman sela yang di ambil. penentuan tanaman sela harus ditunaikan dengan memerhatikan perputaran tanaman. sistim tumpang sari sesuai sama ini bakal memberikan fungsi lebih pada petani dikarenakan bisa beroleh pendapatan dari tanaman sela selama tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan merupakan penyulaman misalnya ada pohon yang mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan dimuka masa tanam sampai berapa minggu. Untuk penyiangan gulma, pada intinya cuma diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan sudah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekelilingnya. tapi akan lebih baik seumpama penyiangan dikerjakan lebih rutin supaya lantai rimba lebih bersih hingga semakin tambah gampang dalam perawatan tanaman sela dan juga waktu panen kelak.

Penggunaan tanaman sela rata-rata tidaklah terlalu lama, kisarannya yaitu umur 4 tahun. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberi pupuk. Setelah tidak ada tanaman sela, barulah diberi pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan optimal.


Pohon Damar Digunakan Untuk


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka