Pohon Damar Dan Kegunaannya

Pohon Damar Dan Kegunaannya


Pohon Damar Dan Kegunaannya - Hubungi kami dengan
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, merupakan diantara satu pohon asli Indonesia dan penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lantas diproduksi menjadi kopal dan jadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) adalah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi saat ini telah dibudidayakan di beberapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan istilah damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai buat penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering disebut yaitu kopal. Selain itu, penggunaan arti kayu damar malah dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

ciri-khas pohon damar punyai batang pohon dengan ukuran bisa menjangkau lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar dapat capai lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu dapat ditumbuhi oleh bermacam style pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar memiliki karakter bentuk lonjong dan meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 sampai 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.


Pohon Damar Dan Kegunaannya


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Pohon Damar Dan Kegunaannya


Pohon Damar Dan Kegunaannya


Damar atau resin buat sebagian orang yaitu diantara zat asing yang mungkin saja penggunaannya tidak dapat diakui secara langsung. secara prinsip ada dua style resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu jenis resin yg padat serta cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yg unik seperti type resin cair. dibawah berikut ini yaitu berapa manfaat damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dibuat oleh pohon damar bisa digunakan sebagai di antara bahan buat membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punya pembawaan serta pembawaan yang dapat hasilkan bubuk kertas berkualitas. Bahkan type bubuk kertas yg dihasilkan dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat untuk bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi product Industri

Damar pula banyak jadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar akan diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah juga akan dibiarkan menumpuk dan jadi kering pada tempat teristimewa. Luka sayatan utk mengeluarkan getah mau dibuat tiap-tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yang sudah jadi kering juga akan diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yg dibuat dari pemrosesan getah banyak difungsikan untuk membuat beraneka product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar mempunyai ciri pohon yang mudah diketemukan dan dapat ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yg sudah besar biasanya bisa melindungi rusaknya tanah dan menghambat kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yg sudah mengeras juga di kembangkan jadi obat utk penyakit masalah memori. Amerika jadi salah satunya peneliti yg mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar punya diantara jenis enzim yg bisa menjadi penghubung untuk melakukan perbaikan memori dan tingkatkan rasa nyaman untuk pasien penyakit problem memori.

5. Obat untuk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan diantara satu senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan dampak yang sangat besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma bisa ditemukan dalam pohon damar hingga getah damar dapat menjadi obat yang begitu ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar juga bisa menjadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa hasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti tipe bahan bakar lain. Bukan kemungkinan kecil suatu selagi dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak dimanfaatkan sebagai di antara komponen resin aromatik. product ini bisa dijadikan untuk buat obat khusus buat menghindar nyamuk, obat – obatan utk jamur dan beraneka jenis product lain.

8. Obat tradisionil

Pada era dulu orang-tua kerapkali pakai damar jadi tanaman obat untuk mengatasi beraneka model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga serta sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yang ciri khas dari damar masih tetap dikembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga difungsikan menjadi salah satunya bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerap menggunakan bahan damar buat obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri buat buat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yg diperoleh dari pohon damar memang memiliki fungsi yang benar-benar besar buat industri. Resin atau damar banyak difungsikan menjadi bahan industri termasuk zat pewarna serta bermacam jenis obat-obatan. berikut yaitu sebagian keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin merupakan bahan yang benar-benar aman utk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tidak beresiko pada lingkungan dan enteng dikendalikan. Biaya industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk juga dalam biaya yang rendah maka bisa beri dukungan perubahan industri. karakter kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga pula untungkan utk lingkungan hingga dapat diperkembang.

Resin atau damar masih dapat diperkembangkan menjadi bermacam type obat-obatan yg berfaedah buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

tempat yang pas untuk tumbuhnya pohon damar merupakan ruang pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., serta punya tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat dilaksanakan dari biji atau dari anakan yang ada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karna kualitasnya tambah baik. buat pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua memiliki kualitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yang sudah diisi dengan tanah yang subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan biar media semai tidak cepat kering dan benih bisa tumbuh secepatnya. Perawatan dikerjakan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. diluar itu, perlu dijalankan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah berumur kira-kira 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa ditunaikan lewat langkah tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, perlu ditunaikan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar membutuhkan naungan. oleh karenanya, mesti disiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata digunakan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya punya sifat sesaat kira-kira 2 tahun. Setelah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini mampu diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan dimuka musim hujan yang disebut selagi baik utk menjamin ketersediaan pasokan air maka bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus benar-benar diseleksi bibit yang siap tanam dengan kondisi yg baik. Penanaman mesti ditunaikan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, khususnya saat menyobek polibag biar jangan sampai mengakibatkan kerusakan akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dijalankan sesuai dengan kebutuhan tanam tanaman sela yg di ambil. Pemilihan tanaman sela mesti dijalankan dengan memperhatikan perputaran tanaman. sistim tumpang sari begini mau memberi kegunaan lebih pada petani karena bisa mendapatkan pendapatan dari tanaman sela selama tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan yaitu penyulaman misalnya ada pohon yang mati serta penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan di awal masa tanam hingga berapa minggu. buat penyiangan gulma, pada dasarnya cuma diperlukan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan sudah tak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang ada di sekelilingnya. Tetapi semakin tambah baik seumpama penyiangan dijalankan lebih teratur supaya lantai rimba lebih bersih jadi akan tambah mudah dalam perawatan tanaman sela dan juga selagi panen kelak.

pemanfaatan tanaman sela rata-rata tidak terlalu lama, kisarannya yaitu usia 4 tahun. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberikan pupuk. Setelah tdk ada tanaman sela, baru diberi pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi dan pohon damar bisa tumbuh dengan terbaik.


Pohon Damar Dan Kegunaannya


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka