Penyebab Pohon Damar Langka

Penyebab Pohon Damar Langka


Penyebab Pohon Damar Langka - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, merupakan salah satunya pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang selanjutnya diproduksi jadi kopal serta dijadikan bahan baku beraneka industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tapi waktu ini sudah dibudidayakan di berapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian arti damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai buat penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, pemakaian makna kayu damar jadi digunakan buat penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

Karakter pohon damar punya batang pohon dengan ukuran bisa capai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa menjangkau lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu mau ditumbuhi oleh beraneka tipe pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punya ciri bentuk lonjong serta meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 sampai 8 cm. pohon ini juga membuahkan biji dengan ukuran lebih kurang 7-9 cm untuk diameter.


Penyebab Pohon Damar Langka


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Penyebab Pohon Damar Langka


Penyebab Pohon Damar Langka


Damar atau resin buat sebagian orang merupakan di antara zat asing yang mungkin saja penggunaannya tak bisa disadari secara langsung. secara prinsip ada dua type resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu model resin yg padat serta cair. Resin padat memang datang dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak punyai aroma yg unik seperti model resin cair. Dibawah ini merupakan berapa fungsi damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar bisa diperlukan sebagai diantara satu bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki karakter dan pembawaan yang bisa hasilkan bubuk kertas berkwalitas. Bahkan model bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat utk bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar mau diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah juga akan dibiarkan menumpuk serta mengering pada tempat privat. Luka sayatan utk mengeluarkan getah akan dibuat setiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yg sudah jadi kering bakal diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yg dibuat dari pemrosesan getah banyak digunakan utk buat bermacam produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar memiliki pembawaan pohon yang mudah ditemukan dan dapat ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yang sudah besar biasanya bisa membuat perlindungan kerusakan tanah serta menghindar kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yang telah mengeras juga di kembangkan jadi obat utk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi diantara peneliti yang mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar punyai salah satu type enzim yg bisa jadi perantara untuk melakukan perbaikan memori dan menambah rasa nyaman buat penderita penyakit problem memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan diantara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan dampak yang begitu besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan konsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa ditemukan dalam pohon damar hingga getah damar dapat menjadi obat yg sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dahulu getah damar dapat juga jadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar bisa menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti model bahan bakar beda. Bukan kemungkinan kecil suatu selagi dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak dimanfaatkan jadi diantara satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa jadikan utk membuat obat spesial utk menghindar nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan bermacam tipe product lain.

8. Obat tradisionil

Pada zaman dahulu orang tua kerap memakai damar menjadi tanaman obat buat mengatasi berbagai model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, problem pada telinga dan sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih tetap dikembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dipakai sebagai satu diantara bahan pewarna alami. Batik tradisionil sering menggunakan bahan damar buat obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri utk buat cat, lilin dan beraneka bahan pewarna beda.

Keuntungan pakai Damar



Damar atau resin yg ditemui dari pohon damar memang mempunyai fungsi yang benar-benar besar untuk industri. Resin atau damar banyak dipakai jadi bahan industri termasuk zat pewarna dan berbagai tipe obat-obatan. inilah adalah berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin yaitu bahan yg begitu aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tdk berdampak pada lingkungan serta mudah dikendalikan. ongkos industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam biaya yg rendah sehingga dapat mendukung perubahan industri. Sifat kimia dan mekanik yang diketemukan pada bahan damar sangat menguntungkan buat lingkungan sehingga bisa diperkembangkan.

Resin atau damar masih tetap dapat diperkembangkan jadi beragam model obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan tempat

tempat yang pas utk tumbuhnya pohon damar adalah ruangan pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama tahun, serta punyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan dapat ditunaikan dari biji atau dari anakan yang berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diprioritaskan dikarenakan kualitasnya tambah baik. untuk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua berkwalitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang telah diisi dengan tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tidak cepat kering serta benih bisa tumbuh secara cepat. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. Selain itu, perlu dilaksanakan seleksi bibit yg tidak bisa tumbuh dengan baik. Setelah berumur kurang lebih 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dikerjakan dengan cara tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, butuh ditunaikan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar memerlukan naungan. oleh karenanya, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata difungsikan akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma bersifat sesaat kira-kira 2 th.. Setelah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini bisa diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilakukan di muka musim hujan yang disebut kala baik untuk menanggung ketersediaan suplai air makanya bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus benar-benar diseleksi bibit yg siap tanam dengan keadaan yg baik. Penanaman mesti dilaksanakan dengan hati-hati agar bibit tdk rusak, khususnya saat menyobek polibag agar jangan sampai merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, ditunaikan sesuai sama kebutuhan tanam tanaman sela yang di pilih. penentuan tanaman sela harus dilaksanakan dengan memerhatikan rotasi tanaman. system tumpang sari seperti ini mau berikan manfaat lebih pada petani karena bisa mendapatkan penghasilan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan adalah penyulaman jika ada pohon yang mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dikerjakan diawal masa tanam sampai lebih dari satu minggu. utk penyiangan gulma, pada intinya hanya diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar dan udah tak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yg berada di sekitarnya. Tetapi semakin tambah baik jika penyiangan dilaksanakan lebih teratur biar lantai hutan lebih bersih hingga akan lebih gampang dalam perawatan tanaman sela dan waktu panen kelak.

Penggunaan tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 th.. Selama masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak butuh diberikan pupuk. sehabis tiada tanaman sela, baru diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan terbaik.


Penyebab Pohon Damar Langka


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar