Letak Pohon Damar

Letak Pohon Damar


Letak Pohon Damar - Butuh Info?
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, ialah satu diantara pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lalu diproduksi jadi kopal serta dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) adalah tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. Namun kini telah dibudidayakan di banyak tempat beda termasuk juga di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan arti damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga dipakai buat penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh beberapa pohon dari genus Shorea dan Hopea. Sedangkan getah pohon damar (Agathis dammara) paling sering dikatakan sebagai kopal. diluar itu, pemakaian makna kayu damar malah digunakan untuk penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjual-belikan jadi kayu Agatis.

Karakter pohon damar punyai batang pohon dengan ukuran bisa menggapai lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar bisa meraih lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu dapat ditumbuhi oleh berbagai tipe pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar punyai karakter bentuk lonjong dan meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran seputar 2 sampai 8 cm. pohon ini membuahkan biji dengan ukuran kurang lebih 7-9 cm buat diameter.


Letak Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Letak Pohon Damar


Letak Pohon Damar


Damar atau resin bagi sebagian orang merupakan salah satu zat asing yg barangkali penggunaannya tdk bisa disadari dengan cara segera. Pada dasarnya ada dua style resin yang dihasilkan dari pohon damar, yakni model resin yg padat serta cair. Resin padat sebenarnya berasal dari resin cair yg telah menguap. Resin padat tdk punyai aroma yg unik seperti model resin cair. di bawah ini yaitu lebih dari satu faedah damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar dapat diperlukan menjadi diantara bahan utk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki pembawaan dan ciri-ciri yang dapat hasilkan bubuk kertas memiliki kwalitas. Bahkan jenis bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar mempunyai tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat untuk bahan bikin kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi product Industri

Damar banyak juga jadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar akan di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah akan dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat teristimewa. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah akan di buat tiap-tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yang udah jadi kering bakal di ambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yang dihasilkan dari pemrosesan getah banyak diperlukan untuk membuat beragam product lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar memiliki ciri-ciri pohon yang gampang diketemukan serta bisa ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yang sudah besar kebanyakan bisa buat perlindungan kerusakan tanah serta menghambat kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang telah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika menjadi satu diantara peneliti yang ambil subyek pengobatan dengan damar. Getah damar mempunyai salah satu style enzim yang bisa menjadi penghubung untuk memperbaiki memori dan tingkatkan rasa nyaman untuk penderita penyakit problem memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga punya kandungan salah satu senyawa aktif yg disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini berikan pengaruh yang sangat besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini hanya dapat diketemukan dalam pohon damar sehingga getah damar bisa menjadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dahulu getah damar bisa juga jadi salah satunya bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti type bahan bakar lain. bukanlah kemungkinan kecil suatu saat bisa tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

style recin cair banyak diperlukan menjadi diantara satu komponen resin aromatik. product ini dapat dijadikan untuk buat obat khusus utk menahan nyamuk, obat – obatan untuk jamur serta bermacam tipe produk beda.

8. Obat Tradisional

Pada zaman dahulu orangtua kerapkali memakai damar sebagai tanaman obat untuk menanggulangi berbagai type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan sakit mata. Hingga saat ini komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masihlah diperkembang menjadi obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak digunakan jadi diantara satu bahan pewarna alami. Batik tradisional kerap memakai bahan damar utk obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk bikin cat, lilin serta bermacam bahan pewarna lain.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yang diperoleh dari pohon damar memang memiliki manfaat yang begitu besar utk industri. Resin atau damar banyak digunakan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna dan bermacam jenis obat-obatan. di bawah ini yaitu berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin merupakan bahan yang begitu aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tdk berdampak pada lingkungan serta mudah dikendalikan. ongkos industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk dalam biaya yg rendah makanya dapat mendukung perubahan industri. Sifat kimia serta mekanik yang diketemukan pada bahan damar juga pula untungkan untuk lingkungan jadi dapat diperkembang.

Resin atau damar masih dapat diperkembangkan jadi bermacam tipe obat-obatan yg bermanfaat untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan Lokasi

tempat yg tepat untuk tumbuhnya pohon damar yaitu area di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama tahun, serta mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dijalankan dari biji atau dari anakan yang berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diistemewakan karena kwalitasnya tambah baik. untuk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua berkualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang sudah berisi tanah yg subur serta di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tak cepat kering serta benih bisa tumbuh secepatnya. Perawatan ditunaikan dengan penyiraman tiap tiap sore serta pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, butuh dilakukan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah berusia sekitaran 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dijalankan melalui langkah tumpang sari dengan tanaman sela berupa tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, perlu dilaksanakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh sebab itu, mesti dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. Biasanya diperlukan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma punya sifat sesaat kurang lebih 2 th.. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini bisa diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dikerjakan di awal musim hujan yang merupakan kala baik utk menjamin ketersediaan pasokan air makanya bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus benar-benar di ambil bibit yg siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman harus dijalankan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, terlebih pas menyobek polibag biar jangan pernah mengakibatkan kerusakan akar pohon.
buat penanaman tanaman sela, dijalankan sama sesuai keperluan tanam tanaman sela yang di pilih. Pemilihan tanaman sela harus ditunaikan dengan memperhatikan perputaran tanaman. Sistem tumpang sari sesuai sama ini mau memberikan fungsi lebih pada petani karena bisa beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilaksanakan adalah penyulaman kalau ada pohon yg mati dan penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan diawal masa tanam sampai sebagian minggu. untuk penyiangan gulma, pada intinya hanya diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta udah tdk terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang ada di sekitarnya. namun semakin lebih baik apabila penyiangan dilakukan lebih rutin supaya lantai rimba lebih bersih makanya akan lebih enteng dalam perawatan tanaman sela dan juga pas panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 tahun. Selama masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberi pupuk. sesudah tidak ada tanaman sela, baru diberi pupuk buat menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan maksimum.


Letak Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka