Harga Bibit Pohon Damar

Harga Bibit Pohon Damar


Harga Bibit Pohon Damar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, adalah di antara pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang selanjutnya diproses menjadi kopal serta dijadikan bahan baku beraneka industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi waktu ini udah dibudidayakan di berapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemakaian makna damar sama-sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yg dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) sangat sering disebut yaitu kopal. Selain itu, penggunaan istilah kayu damar jadi dipakai untuk penyebutan kayu dari pohon model Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

sifat pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran dapat meraih lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa mencapai lebih dari 1 meter. Bagian luar kayu akan ditumbuhi oleh berbagai tipe pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar miliki pembawaan bentuk lonjong serta meruncing di bagian ujung kecil dengan ukuran kurang lebih 2 hingga 8 cm. pohon ini menghasilkan biji dengan ukuran sekitaran 7-9 cm untuk diameter.


Harga Bibit Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Harga Bibit Pohon Damar


Harga Bibit Pohon Damar


Damar atau resin untuk beberapa orang merupakan di antara zat asing yang bisa saja pemakaiannya tdk dapat diakui dengan segera. secara prinsip ada dua style resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu jenis resin yg padat serta cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yg sudah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yg khas seperti tipe resin cair. di bawah ini yaitu lebih dari satu fungsi damar.

1. jadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yang dihasilkan oleh pohon damar dapat difungsikan menjadi satu diantara bahan untuk hasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai pembawaan dan ciri-khas yang bisa menghasilkan bubuk kertas bermutu. Bahkan tipe bubuk kertas yg dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar juga banyak dimanfaat untuk bahan buat kontruksi tempat tinggal.

2. Menjadi Produk Industri

Damar banyak juga dijadikan tanamam pertanian buat diambil getahnya. Getah damar dapat di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah bakal dibiarkan menumpuk serta jadi kering pada tempat pribadi. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah mau dibuat tiap-tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yg telah mengering akan diambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yg dihasilkan dari pemrosesan getah banyak dimanfaatkan utk buat beraneka produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar punyai ciri pohon yg enteng diketemukan dan bisa ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yang udah besar biasanya bisa buat perlindungan rusaknya tanah dan mencegah kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang didapatkan dari getah yang sudah mengeras juga diperkembang jadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika jadi salah satu peneliti yang mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar memiliki diantara jenis enzim yang dapat jadi penghubung utk memperbaiki memori serta menaikkan rasa nyaman buat pasien penyakit masalah memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan di antara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberi pengaruh yg benar-benar besar buat penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini cuma dapat diketemukan dalam pohon damar jadi getah damar bisa menjadi obat yang sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dulu getah damar juga bisa menjadi salah satunya bahan bakar pengganti. Getah damar bisa membuahkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar beda. bukan hanya tidak mungkin satu selagi bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak dipakai sebagai diantara satu komponen resin aromatik. Produk ini dapat jadikan buat membuat obat privat utk menghindar nyamuk, obat – obatan buat jamur dan bermacam style produk lain.

8. Obat Tradisional

Pada masa dahulu orang-tua kerapkali menggunakan damar menjadi tanaman obat untuk menangani bermacam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, kendala pada telinga dan juga sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang ciri khas dari damar masihlah dikembangkan jadi obat-obatan termasuk juga obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar banyak juga dipakai menjadi diantara satu bahan pewarna alami. Batik tradisionil seringkali pakai bahan damar utk obat warna atau menguatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri untuk bikin cat, lilin dan bermacam bahan pewarna lain.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yang didapatkan dari pohon damar memanglah punyai kegunaan yang benar-benar besar buat industri. Resin atau damar banyak difungsikan sebagai bahan industri termasuk zat pewarna dan bermacam type obat-obatan. berikut yaitu beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin adalah bahan yg sangatlah aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tidak berefek pada lingkungan serta gampang dikendalikan. Biaya industri untuk pengolahan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah maka dapat mensupport perkembangan industri. karakter kimia serta mekanik yg ditemukan pada bahan damar juga untungkan buat lingkungan makanya dapat diperkembangkan.

Resin atau damar masih dapat diperkembang jadi berbagai type obat-obatan yang berfaedah untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



Penentuan Lokasi

area yang pas buat tumbuhnya pohon damar merupakan area pada ketinggian diatas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., dan memiliki tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dikerjakan dari biji atau dari anakan yang berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan karena kwalitasnya tambah baik. untuk pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua berkwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang telah di isi dengan tanah yg subur dan diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan supaya media semai tdk cepat kering dan benih bisa tumbuh secara cepat. Perawatan dilakukan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, butuh ditunaikan seleksi bibit yang tidak dapat tumbuh dengan baik. sehabis berumur lebih kurang 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat ditunaikan lewat langkah tumpang sari dengan tanaman sela berbentuk tanaman pangan atau holtikultura. buat persiapan lahannya, perlu dijalankan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, serta penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh sebab itu, harus dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. umumnya difungsikan akasia atau kemlanding jadi tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya bersifat sesaat kira-kira 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan diawal musim hujan sebagai sementara baik buat menjamin ketersediaan persediaan air jadi bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman mesti sungguh-sungguh di pilih bibit yg siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman mesti dilaksanakan dengan hati-hati supaya bibit tidak rusak, khususnya pas menyobek polibag supaya jangan sempat merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sesuai dengan keperluan tanam tanaman sela yang di ambil. Pemilihan tanaman sela harus dijalankan dengan perhatikan perputaran tanaman. Sistem tumpang sari begini akan memberikan kegunaan lebih pada petani lantaran bisa beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi tunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang ditunaikan adalah penyulaman jikalau ada pohon yang mati dan penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dikerjakan di muka masa tanam hingga beberapa minggu. buat penyiangan gulma, pada prinsipnya cuma diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar dan telah tidak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang berada disekelilingnya. tapi semakin lebih baik andaikata penyiangan dilakukan lebih rutin agar lantai rimba lebih bersih jadi semakin lebih enteng dalam perawatan tanaman sela dan juga selagi panen nanti.

pemakaian tanaman sela biasanya tidaklah terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 tahun. Selagi masih tetap ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberi pupuk. sehabis tidak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk utk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan maksimum.


Harga Bibit Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka