Habitat Pohon Damar Di Indonesia

Habitat Pohon Damar Di Indonesia


Habitat Pohon Damar Di Indonesia - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, ialah diantara pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lantas diolah jadi kopal dan jadikan bahan baku beragam industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. Namun waktu ini sudah dibudidayakan di banyak tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan makna damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. dan getah pohon damar (Agathis dammara) paling sering disebut yaitu kopal. Selain itu, pemakaian makna kayu damar malah digunakan buat penyebutan kayu dari pohon style Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan jadi kayu Agatis.

sifat pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran bisa mencapai lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa meraih lebih dari 1 meter. sisi luar kayu juga akan ditumbuhi oleh berbagai type pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki karakter bentuk lonjong dan meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran seputar 2 hingga 8 cm. pohon ini juga membuahkan biji dengan ukuran lebih kurang 7-9 cm untuk diameter.


Habitat Pohon Damar Di Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Habitat Pohon Damar Di Indonesia


Habitat Pohon Damar Di Indonesia


Damar atau resin buat sebagian orang merupakan salah satu zat asing yang bisa saja penggunaannya tak bisa disadari dengan langsung. Pada dasarnya ada dua model resin yang dibuat dari pohon damar, yakni type resin yang padat serta cair. Resin padat memang datang dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak punya aroma yg unik seperti jenis resin cair. Dibawah ini merupakan sebagian fungsi damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar bisa difungsikan sebagai di antara bahan utk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar miliki pembawaan serta sifat yang bisa membuahkan bubuk kertas memiliki kwalitas. bahkan juga tipe bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar miliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar pula banyak dimanfaat buat bahan membuat kontruksi tempat tinggal.

2. jadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian utk di ambil getahnya. Getah damar mau di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah akan dilewatkan menumpuk dan mengering pada tempat pribadi. Luka sayatan untuk mengeluarkan getah juga akan di buat setiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. sesudah itu getah yang telah jadi kering dapat diambil dari tempatnya dengan cara berkala. Resin yang dihasilkan dari pemrosesan getah banyak dipakai untuk membuat beraneka produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki sifat pohon yang enteng diketemukan dan dapat ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yang telah besar rata-rata bisa membuat perlindungan rusaknya tanah serta menghindar kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yg udah mengeras juga diperkembang menjadi obat buat penyakit problem memori. Amerika jadi di antara peneliti yg mengambil subjek penyembuhan dengan damar. Getah damar punyai salah satunya model enzim yg bisa jadi penghubung utk melakukan perbaikan memori dan tingkatkan rasa nyaman utk pasien penyakit masalah memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan satu diantara senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberi dampak yang sangatlah besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan konsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar maka getah damar dapat menjadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dahulu getah damar bisa pula menjadi salah satu bahan bakar pengganti. Getah damar bisa membuahkan senyawa kimia yang menghantarkan panas seperti tipe bahan bakar beda. bukan hanya tidak mungkin suatu sementara dapat terwujud bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

Jenis recin cair banyak dimanfaatkan sebagai salah satu komponen resin aromatik. Produk ini bisa jadikan untuk buat obat teristimewa untuk mencegah nyamuk, obat – obatan untuk jamur serta berbagai model product lain.

8. Obat Tradisional

Pada jaman dulu orang-tua seringkali memanfaatkan damar menjadi tanaman obat untuk menangani berbagai style penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, permasalahan pada telinga serta sakit mata. sampai sekarang komponen senyawa aromatik yang unik dari damar masih di kembangkan sebagai obat-obatan termasuk juga obat untuk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak difungsikan sebagai diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional seringkali memakai bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri buat buat cat, lilin serta berbagai bahan pewarna beda.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yang diperoleh dari pohon damar benar-benar punya kegunaan yg sangat besar utk industri. Resin atau damar banyak dipakai sebagai bahan industri termasuk juga zat pewarna serta beragam model obat-obatan. di bawah ini yaitu beberapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada intinya resin merupakan bahan yang sangat aman utk lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tidak berefek pada lingkungan serta mudah dikendalikan. ongkos industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam biaya yang rendah sehingga dapat beri dukungan perkembangan industri. karakter kimia dan mekanik yang ditemukan pada bahan damar sangat menguntungkan buat lingkungan hingga bisa diperkembangkan.

Resin atau damar masih tetap bisa diperkembangkan jadi beragam type obat-obatan yang berguna untuk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan Lokasi

area yg pas untuk tumbuhnya pohon damar merupakan ruangan pada ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., serta miliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dilaksanakan dari biji atau dari anakan yg ada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan karna mutunya tambah baik. utk pembibitan lewat biji, diperlukan biji tua berkualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag berukuran ½ kilo yang udah di isi dengan tanah yang subur dan di beri pupuk. Polibag harus disusun rapi dibawah naungan supaya media semai tidak cepat kering serta benih dapat tumbuh dengan cepat. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. diluar itu, butuh dilaksanakan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sesudah berusia kira-kira 1 th., bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dilakukan lewat cara tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. Untuk persiapan lahannya, butuh dilaksanakan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. Oleh karena itu, mesti dipersiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. umumnya dipakai akasia atau kemlanding menjadi tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma miliki sifat sementara kira-kira 2 th.. sehabis damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini dapat ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilakukan di muka musim hujan yang disebut pas baik untuk menjamin ketersediaan persediaan air sehingga bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus serius dipilih bibit yang siap tanam dengan situasi yang baik. Penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati supaya bibit tdk rusak, terutama kala menyobek polibag agar jangan lantas merusak akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sama sesuai keperluan tanam tanaman sela yang diambil. penentuan tanaman sela mesti ditunaikan dengan memperhatikan rotasi tanaman. system tumpang sari mirip ini bakal memberikan faedah lebih pada petani karena bisa beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan yaitu penyulaman bila ada pohon yang mati serta penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilaksanakan di muka masa tanam sampai berapa minggu. Untuk penyiangan gulma, pada prinsipnya cuma dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar dan telah tak terganggu lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang ada disekitarnya. akan tetapi akan tambah baik kalau penyiangan dilaksanakan lebih rutin biar lantai hutan lebih bersih hingga akan tambah enteng dalam perawatan tanaman sela serta saat panen nanti.

Penggunaan tanaman sela kebanyakan tidak terlalu lama, kisarannya merupakan usia 4 th.. Selagi masihlah ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberikan pupuk. sehabis tak ada tanaman sela, barulah diberikan pupuk untuk menanggung ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan maksimal.


Habitat Pohon Damar Di Indonesia


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka