Guna Pohon Damar

Guna Pohon Damar


Guna Pohon Damar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan salah satunya pohon asli Indonesia dan penghasil utama getah damar. Getah damar ini yg lantas diproduksi jadi kopal dan dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) ialah tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. akan tetapi waktu ini sudah dibudidayakan di berbagai tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia pemanfaatan istilah damar sama sama tumpang tindih (rancu). Kata damar juga digunakan untuk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) paling sering dikatakan sebagai kopal. Selain itu, penggunaan arti kayu damar tambah digunakan utk penyebutan kayu dari pohon type Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperjual-belikan jadi kayu Agatis.

ciri-ciri pohon damar mempunyai batang pohon dengan ukuran dapat meraih lebih dari 50 meter. Ukuran diamates pohon damar dapat menjangkau lebih dari 1 mtr.. Bagian luar kayu akan ditumbuhi oleh beragam jenis pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar mempunyai ciri-khas bentuk lonjong serta meruncing pada bagian ujung kecil dengan ukuran sekitar 2 hingga 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran sekitar 7-9 cm untuk diameter.


Guna Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Guna Pohon Damar


Guna Pohon Damar


Damar atau resin untuk sebagian orang adalah satu diantara zat asing yg barangkali pemakaiannya tidak bisa diakui dengan cara segera. Pada dasarnya ada dua type resin yang dibuat dari pohon damar, yaitu tipe resin yg padat dan cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yg udah menguap. Resin padat tdk miliki aroma yang khas seperti style resin cair. Dibawah ini merupakan lebih dari satu fungsi damar.

1. Menjadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar bisa dimanfaatkan menjadi salah satu bahan untuk menghasilkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai karakter serta sifat yang dapat menghasilkan bubuk kertas memiliki kwalitas. bahkan juga tipe bubuk kertas yang dihasilkan dari pohon damar punyai tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar banyak pula dimanfaat untuk bahan bikin kontruksi rumah.

2. jadi product Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian untuk di ambil getahnya. Getah damar mau diambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah bakal dilewatkan menumpuk dan mengering pada tempat teristimewa. Luka sayatan utk mengeluarkan getah dapat di buat tiap-tiap pagi hari setelah pohon siap panen getahnya. selanjutnya getah yang telah jadi kering akan di ambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yang dihasilkan dari pengolahan getah banyak dimanfaatkan buat membuat beragam produk susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester dan korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak juga dijadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata dan Bogor. Pohon damar miliki ciri-ciri pohon yg enteng diketemukan serta dapat ditanam dimana saja. diluar itu ukuran pohon yang sudah besar rata-rata dapat melindungi rusaknya tanah serta menghindar kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang telah mengeras juga dikembangkan menjadi obat untuk penyakit problem memori. Amerika menjadi salah satunya peneliti yang mengambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar punyai satu diantara type enzim yang bisa jadi perantara buat melakukan perbaikan memori dan meningkatkan rasa nyaman utk pasien penyakit masalah memori.

5. Obat buat HIV

Getah dari pohon damar juga mengandung salah satunya senyawa aktif yang dimaksud dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan efek yg sangatlah besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini cuma bisa ditemukan dalam pohon damar jadi getah damar bisa jadi obat yg sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada masa dahulu getah damar bisa pula jadi diantara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat hasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti type bahan bakar beda. bukanlah kemungkinan kecil satu selagi bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

tipe recin cair banyak diperlukan sebagai salah satunya komponen resin aromatik. Produk ini dapat jadikan untuk membuat obat khusus buat menahan nyamuk, obat – obatan utk jamur serta beragam style product lain.

8. Obat tradisionil

Pada zaman dahulu orang-tua seringkali memakai damar sebagai tanaman obat untuk menanggulangi bermacam model penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, problem pada telinga dan sakit mata. Hingga saat ini komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih tetap diperkembang jadi obat-obatan termasuk juga obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak dipakai jadi diantara bahan pewarna alami. Batik tradisional sering memakai bahan damar utk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar banyak pula diserap industri utk membuat cat, lilin dan berbagai bahan pewarna lain.

Keuntungan memanfaatkan Damar



Damar atau resin yg ditemui dari pohon damar benar-benar punyai faedah yang sangat besar buat industri. Resin atau damar banyak dipakai sebagai bahan industri termasuk zat pewarna dan beraneka model obat-obatan. dibawah ini yaitu berapa keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

Pada dasarnya resin adalah bahan yg benar-benar aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pengolahan resin tak beresiko pada lingkungan serta enteng dikendalikan. Biaya industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah jadi bisa beri dukungan perkembangan industri. karakter kimia serta mekanik yg ditemukan pada bahan damar sangat menguntungkan untuk lingkungan hingga dapat diperkembang.

Resin atau damar masihlah bisa dikembangkan jadi bermacam jenis obat-obatan yang bermanfaat buat manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

area yang tepat untuk tumbuhnya pohon damar yaitu ruang di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi sepanjang th., dan memiliki tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa ditunaikan dari biji atau dari anakan yg berada disekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih dikedepankan karna kualitasnya tambah baik. utk pembibitan melalui biji, diperlukan biji tua berkwalitas tinggi tanpa cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang telah diisi dengan tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag harus disusun rapi di bawah naungan supaya media semai tidak cepat kering serta benih dapat tumbuh secara cepat. Perawatan dijalankan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, perlu dijalankan seleksi bibit yang tidak bisa tumbuh dengan baik. sesudah berusia kira-kira 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dilaksanakan lewat langkah tumpang sari dengan tanaman sela berwujud tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, perlu dilakukan pengolahan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan penentuan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar perlu naungan. oleh karenanya, mesti dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. umumnya dipakai akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini cuma punya sifat sementara kira-kira 2 tahun. Setelah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini mampu diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dijalankan di muka musim hujan sebagai kala baik untuk menanggung ketersediaan supply air jadi bibit bisa tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman mesti serius diambil bibit yang siap tanam dengan kondisi yg baik. Penanaman harus ditunaikan dengan hati-hati agar bibit tak rusak, terutama pas menyobek polibag supaya jangan sempat mengakibatkan kerusakan akar pohon.
Untuk penanaman tanaman sela, dilakukan sesuai sama kebutuhan tanam tanaman sela yg di pilih. Pemilihan tanaman sela mesti dijalankan dengan perhatikan rotasi tanaman. system tumpang sari sesuai sama ini mau memberikannya fungsi lebih pada petani karna dapat beroleh pendapatan dari tanaman sela selagi menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang ditunaikan yaitu penyulaman misalnya ada pohon yang mati dan penyiangan area lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman ditunaikan di awal masa tanam sampai sebagian minggu. utk penyiangan gulma, secara prinsip hanya dibutuhkan hingga pohon damar tumbuh cukup besar serta telah tidak terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan beda yang ada di sekitarnya. namun akan lebih baik seumpama penyiangan ditunaikan lebih teratur agar lantai rimba lebih bersih jadi semakin tambah enteng dalam perawatan tanaman sela dan selagi panen kelak.

pemanfaatan tanaman sela biasanya tidak terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 tahun. Selagi masih ada tanaman sela, pohon damar tak perlu diberikan pupuk. Setelah tiada tanaman sela, barulah diberikan pupuk untuk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar dapat tumbuh dengan terbaik.


Guna Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka