Daun Pohon Damar

Daun Pohon Damar


Daun Pohon Damar - Informasi Lebih lanjut
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau disebut juga Dammar Raja, ialah satu diantara pohon asli Indonesia serta penghasil utama getah damar. Getah damar ini yang lantas diproses jadi kopal dan dijadikan bahan baku berbagai industri. Pohon damar (Agathis dammara) menjadi tanaman asli Maluku, Sulawesi, dan kepulauan Filipina. akan tetapi kini telah dibudidayakan di berapa tempat beda termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan arti damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga difungsikan utk penyebutan resin (getah) yang dihasilkan oleh sejumlah pohon dari genus Shorea dan Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) lebih sering disebut yaitu kopal. Selain itu, pemanfaatan makna kayu damar tambah diperlukan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. sesaat kayu pohon damar diperdagangkan sebagai kayu Agatis.

ciri-ciri pohon damar memiliki batang pohon dengan ukuran dapat meraih lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa menggapai lebih dari 1 mtr.. sisi luar kayu juga akan ditumbuhi oleh bermacam style pegagan dengan warna yang lebih tua. Daun pohon damar miliki ciri-khas bentuk lonjong dan meruncing pada sisi ujung kecil dengan ukuran lebih kurang 2 hingga 8 cm. pohon ini juga menghasilkan biji dengan ukuran kira-kira 7-9 cm untuk diameter.


Daun Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Daun Pohon Damar


Daun Pohon Damar


Damar atau resin bagi sebagian orang merupakan satu diantara zat asing yang kemungkinan pemakaiannya tdk bisa disadari dengan cara segera. pada prinsipnya ada dua type resin yg dihasilkan dari pohon damar, yakni style resin yg padat dan cair. Resin padat memang berasal dari resin cair yang telah menguap. Resin padat tdk memiliki aroma yg unik seperti model resin cair. Dibawah ini adalah berapa fungsi damar.

1. jadi Bahan Kertas serta Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar dapat difungsikan jadi satu diantara bahan utk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar punyai pembawaan serta karakter yang dapat menghasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga jenis bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yg tinggi. kayu damar banyak juga dimanfaat buat bahan membuat kontruksi rumah.

2. Menjadi Produk Industri

Damar banyak juga jadikan tanamam pertanian untuk diambil getahnya. Getah damar dapat di ambil seperti proses penyadapan getah karet. Getah dapat dilewatkan menumpuk serta mengering pada tempat privat. Luka sayatan utk mengeluarkan getah dapat dibuat tiap-tiap pagi hari sehabis pohon siap panen getahnya. seterusnya getah yang udah jadi kering bakal di ambil dari tempatnya secara berkala. Resin yg dibuat dari pengolahan getah banyak difungsikan utk bikin berbagai product susunan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar punya ciri-khas pohon yg enteng diketemukan serta bisa ditanam dimanapun. Selain itu ukuran pohon yang sudah besar rata-rata bisa membuat perlindungan rusaknya tanah serta menghindar kelangkaan air tanah.

4. Menjadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang ditemui dari getah yg telah mengeras juga diperkembangkan menjadi obat untuk penyakit gangguan memori. Amerika menjadi diantara peneliti yang ambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar memiliki diantara satu type enzim yang bisa menjadi perantara untuk memperbaiki memori serta meningkatkan rasa nyaman buat penderita penyakit masalah memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan di antara senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikannya dampak yang sangatlah besar untuk penyakit HIV. Infeksi virus ini dapat dikendalikan dengan mengkonsumsi obat yang memiliki kandungan amentoflavon. Senyawa ini hanya bisa diketemukan dalam pohon damar jadi getah damar dapat jadi obat yang sangat ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada jaman dulu getah damar bisa pula menjadi diantara satu bahan bakar pengganti. Getah damar dapat menghasilkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar beda. bukan hanya kemungkinan kecil satu waktu dapat tercipta bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

model recin cair banyak dimanfaatkan menjadi diantara komponen resin aromatik. product ini bisa dijadikan untuk buat obat pribadi untuk menghindar nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan bermacam model product lain.

8. Obat tradisionil

Pada jaman dulu orang-tua kerap menggunakan damar menjadi tanaman obat utk mengatasi beragam jenis penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, persoalan pada telinga serta sakit mata. sampai saat ini komponen senyawa aromatik yang khas dari damar masih tetap di kembangkan jadi obat-obatan termasuk obat buat penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar juga banyak dimanfaatkan jadi salah satunya bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerap memanfaatkan bahan damar untuk obat warna atau kuatkan garis warna. Resin atau damar juga banyak diserap industri utk membuat cat, lilin serta beragam bahan pewarna lain.

Keuntungan menggunakan Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar memanglah miliki fungsi yang sangat besar buat industri. Resin atau damar banyak difungsikan menjadi bahan industri termasuk juga zat pewarna serta beragam style obat-obatan. dibawah ini yaitu lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

secara prinsip resin adalah bahan yg benar-benar aman untuk lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tak beresiko pada lingkungan serta mudah dikendalikan. ongkos industri utk pemrosesan damar atau resin termasuk dalam cost yang rendah jadi dapat beri dukungan perubahan industri. Sifat kimia serta mekanik yang ditemukan pada bahan damar juga sangat untungkan utk lingkungan jadi dapat diperkembang.

Resin atau damar masih tetap bisa dikembangkan menjadi beragam jenis obat-obatan yang berguna utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan Lokasi

tempat yang pas untuk tumbuhnya pohon damar merupakan ruangan di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan punyai tanah yg subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dikerjakan dari biji atau dari anakan yang berada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diutamakan dikarenakan mutunya tambah baik. Untuk pembibitan melalui biji, dibutuhkan biji tua berkualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai di dalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang telah berisi tanah yg subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi di bawah naungan supaya media semai tidak cepat kering dan benih bisa tumbuh dengan cepat. Perawatan dilaksanakan dengan penyiraman tiap-tiap sore dan pembersihan gulma secara teratur. Selain itu, perlu dilakukan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah berumur kira-kira 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar bisa dijalankan dengan cara tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. untuk persiapan lahannya, butuh dilakukan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar membutuhkan naungan. Oleh karena itu, mesti disiapkan tanaman naungan yang cepat tumbuh. rata-rata dipakai akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan itu. Tanaman naungan ini hanya berbentuk sesaat kurang lebih 2 tahun. sesudah damar tumbuh besar, jadi tanaman naungan ini mampu diganti dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dilaksanakan dimuka musim hujan sebagai sementara baik utk menanggung ketersediaan persediaan air maka bibit dapat tumbuh dengan baik sampai pohon menjadi kuat. Dalam penanaman harus nyata-nyata dipilih bibit yg siap tanam dengan keadaan yg baik. Penanaman harus dilaksanakan dengan hati-hati agar bibit tdk rusak, terlebih waktu menyobek polibag biar jangan pernah merusak akar pohon.
utk penanaman tanaman sela, dilakukan sesuai dengan kebutuhan tanam tanaman sela yg dipilih. penentuan tanaman sela harus dijalankan dengan memperhatikan rotasi tanaman. Sistem tumpang sari begini bakal memberikan kegunaan lebih pada petani lantaran dapat mendapatkan pendapatan dari tanaman sela selagi menunggu tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yang dilakukan adalah penyulaman jikalau ada pohon yang mati dan penyiangan ruang lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dikerjakan dimuka masa tanam sampai sebagian minggu. utk penyiangan gulma, secara prinsip hanya diperlukan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta udah tdk terganggu kembali oleh tumbuhan-tumbuhan lain yg berada disekitarnya. namun semakin tambah baik sekiranya penyiangan dilakukan lebih teratur biar lantai rimba lebih bersih sehingga akan lebih enteng dalam perawatan tanaman sela dan juga waktu panen nanti.

pemanfaatan tanaman sela umumnya tidak terlalu lama, kisarannya yaitu usia 4 tahun. Selama masih ada tanaman sela, pohon damar tidaklah perlu diberi pupuk. Setelah tiada tanaman sela, baru diberi pupuk utk menjamin ketersediaan nutrisi dan pohon damar dapat tumbuh dengan terbaik.


Daun Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka