Artikel Pohon Damar

Artikel Pohon Damar


Artikel Pohon Damar - Hubungi CS kami
Telp 081235970832 Murah, Berpengalaman, Siap Kirim
Bibit & Pohon Keseluruh Indonesia

Pohon Damar, atau dimaksud juga Dammar Raja, merupakan salah satunya pohon asli Indonesia serta penghasil paling utama getah damar. Getah damar ini yang lantas di proses jadi kopal dan jadikan bahan baku bermacam industri. Pohon damar (Agathis dammara) sebagai tanaman asli Maluku, Sulawesi, serta kepulauan Filipina. tetapi kini udah dibudidayakan di beberapa tempat lain termasuk di pulau Jawa.

Uniknya, di Indonesia penggunaan makna damar saling tumpang tindih (rancu). Kata damar juga diperlukan untuk penyebutan resin (getah) yang dibuat oleh beberapa pohon dari genus Shorea serta Hopea. sedang getah pohon damar (Agathis dammara) seringkali disebut yaitu kopal. diluar itu, pemanfaatan istilah kayu damar tambah dimanfaatkan untuk penyebutan kayu dari pohon jenis Araucaria. Sementara kayu pohon damar diperjualbelikan menjadi kayu Agatis.

ciri pohon damar miliki batang pohon dengan ukuran bisa meraih lebih dari 50 mtr.. Ukuran diamates pohon damar bisa capai lebih dari 1 meter. area luar kayu dapat ditumbuhi oleh bermacam tipe pegagan dengan warna yg lebih tua. Daun pohon damar punyai ciri bentuk lonjong dan meruncing di sisi ujung kecil dengan ukuran kira-kira 2 hingga 8 cm. pohon ini hasilkan biji dengan ukuran kurang lebih 7-9 cm untuk diameter.


Artikel Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)


Artikel Pohon Damar


Artikel Pohon Damar


Damar atau resin buat beberapa orang adalah salah satunya zat asing yg mungkin penggunaannya tak dapat disadari dengan segera. pada intinya ada dua model resin yg dihasilkan dari pohon damar, yaitu tipe resin yang padat serta cair. Resin padat sebetulnya datang dari resin cair yang udah menguap. Resin padat tidak memiliki aroma yang khas seperti type resin cair. di bawah ini merupakan berapa faedah damar.

1. Menjadi Bahan Kertas dan Kontruksi Rumah

Kayu yg dibuat oleh pohon damar dapat difungsikan menjadi salah satunya bahan untuk membuahkan pulp atau bubuk kertas. Kayu dari pohon damar memiliki pembawaan dan pembawaan yang dapat menghasilkan bubuk kertas berkualitas. bahkan juga style bubuk kertas yang dibuat dari pohon damar memiliki tingkat ketahanan yang tinggi. kayu damar pula banyak dimanfaat buat bahan membuat kontruksi rumah.

2. Menjadi Produk Industri

Damar juga banyak jadikan tanamam pertanian buat diambil getahnya. Getah damar juga akan di ambil seperti sistem penyadapan getah karet. Getah bakal dilewatkan menumpuk dan jadi kering pada tempat teristimewa. Luka sayatan utk mengeluarkan getah akan di buat tiap-tiap pagi hari sesudah pohon siap panen getahnya. Setelah itu getah yg sudah mengering juga akan di ambil dari tempatnya dengan berkala. Resin yang dibuat dari pemrosesan getah banyak dipakai utk bikin bermacam product lapisan plastik, tektil, cat, tinta, bahan plester serta korep api.

3. Tanaman Penghijauan

Pohon kayu damar banyak pula jadikan tanaman penghijaun di kota-kota besar seperti Jakata serta Bogor. Pohon damar miliki sifat pohon yg mudah diketemukan dan dapat ditanam dimanapun. diluar itu ukuran pohon yang telah besar biasanya dapat melindungi rusaknya tanah serta menghindar kelangkaan air tanah.

4. jadi Bahan Obat-obatan

Damar atau resin yang diperoleh dari getah yang sudah mengeras juga di kembangkan jadi obat untuk penyakit masalah memori. Amerika jadi satu diantara peneliti yg mengambil subyek penyembuhan dengan damar. Getah damar miliki satu diantara jenis enzim yg dapat menjadi perantara untuk memperbaiki memori serta menambah rasa nyaman untuk pasien penyakit problem memori.

5. Obat utk HIV

Getah dari pohon damar juga mempunyai kandungan diantara satu senyawa aktif yang disebut dengan amentoflavon. Senyawa ini memberikan efek yg sangat besar bagi penyakit HIV. Infeksi virus ini bisa dikendalikan dengan mengonsumsi obat yang mengandung amentoflavon. Senyawa ini cuma dapat diketemukan dalam pohon damar sehingga getah damar bisa menjadi obat yg sangatlah ampuh.

6. Bahan Bakar Lampu

Pada era dahulu getah damar bisa pula menjadi di antara bahan bakar pengganti. Getah damar dapat membuahkan senyawa kimia yg menghantarkan panas seperti jenis bahan bakar beda. bukanlah tidak bisa suatu pas bisa terbentuk bahan bakar dari resin atau damar.

7. Resin Aromatik

type recin cair banyak dipakai menjadi diantara komponen resin aromatik. Produk ini bisa jadikan buat buat obat khusus untuk menghambat nyamuk, obat – obatan untuk jamur dan beraneka type produk beda.

8. Obat tradisionil

Pada jaman dahulu orang-tua kerapkali memakai damar menjadi tanaman obat utk mengatasi beragam type penyakit seperti luka, nanah, sakit gigim sakit bisul, persoalan pada telinga dan sakit mata. Hingga sekarang komponen senyawa aromatik yg khas dari damar masih dikembangkan sebagai obat-obatan termasuk obat utk penyakit herpes.

9. Bahan Pewarna Alami

Resin atau getah damar pula banyak diperlukan sebagai salah satu bahan pewarna alami. Batik tradisionil kerapkali menggunakan bahan damar buat obat warna atau memperkuat garis warna. Resin atau damar pula banyak diserap industri buat buat cat, lilin dan beraneka bahan pewarna beda.

Keuntungan Memakai Damar



Damar atau resin yang ditemui dari pohon damar benar-benar mempunyai faedah yang benar-benar besar untuk industri. Resin atau damar banyak digunakan sebagai bahan industri termasuk zat pewarna dan berbagai model obat-obatan. dibawah ini adalah lebih dari satu keuntungan dalam pengelolaan bahan baku damar atau resin.

pada prinsipnya resin yaitu bahan yg sangatlah aman buat lingkungan. Zat buangan dari hasil pemrosesan resin tak berefek pada lingkungan dan mudah dikendalikan. cost industri untuk pemrosesan damar atau resin termasuk juga dalam cost yang rendah maka bisa beri dukungan perubahan industri. Sifat kimia dan mekanik yang ditemukan pada bahan damar sangat menguntungkan buat lingkungan hingga dapat di kembangkan.

Resin atau damar masihlah bisa dikembangkan jadi berbagai tipe obat-obatan yg bermanfaat utk manusia.

Budidaya Tanaman Damar



pemilihan area

tempat yang pas buat tumbuhnya pohon damar adalah area di ketinggian di atas 400mdpl, bercurah hujan tinggi selama th., dan mempunyai tanah yang subur.

Pembibitan

Pembibitan bisa dijalankan dari biji atau dari anakan yang ada di sekitar pohon damar. Pembibitan dari biji lebih diprioritaskan karna mutunya tambah baik. Untuk pembibitan lewat biji, dibutuhkan biji tua memiliki kualitas tinggi tanpa ada cacat. Biji disemai didalam polibag memiliki ukuran ½ kilo yang udah di isi dengan tanah yang subur serta diberi pupuk. Polibag mesti disusun rapi dibawah naungan biar media semai tidak cepat kering dan benih bisa tumbuh secepatnya. Perawatan dikerjakan dengan penyiraman setiap sore serta pembersihan gulma dengan teratur. diluar itu, butuh dilaksanakan seleksi bibit yg tidak dapat tumbuh dengan baik. Setelah berusia sekitar 1 tahun, bibit siap tanam.

Persiapan Lahan

Budidaya damar dapat dilakukan dengan cara tumpang sari dengan tanaman sela bersifat tanaman pangan atau holtikultura. utk persiapan lahannya, perlu dijalankan pemrosesan tanah dengan pembersihan lahan, penggemburan, dan pemilihan titik-titik penanaman damar.

Pada awal penanaman, tanaman damar butuh naungan. oleh karenanya, mesti dipersiapkan tanaman naungan yg cepat tumbuh. rata-rata diperlukan akasia atau kemlanding sebagai tanaman naungan tersebut . Tanaman naungan ini cuma punya sifat sementara seputar 2 th.. Setelah damar tumbuh besar, maka tanaman naungan ini bisa ditukar dengan tanaman sela seperti buah-buahan atau sayuran.

Penanaman

Penanaman dikerjakan diawal musim hujan sebagai sementara baik untuk menanggung ketersediaan suplai air maka bibit dapat tumbuh dengan baik hingga pohon jadi kuat. Dalam penanaman harus sungguh-sungguh diseleksi bibit yg siap tanam dengan kondisi yang baik. Penanaman mesti dilakukan dengan hati-hati biar bibit tidak rusak, terlebih saat menyobek polibag biar jangan sampai mengakibatkan kerusakan akar pohon.
untuk penanaman tanaman sela, dilaksanakan sesuai sama kepentingan tanam tanaman sela yang dipilih. penentuan tanaman sela harus dilaksanakan dengan memperhatikan rotasi tanaman. Sistem tumpang sari begini bakal berikan faedah lebih pada petani karena bisa memperoleh pendapatan dari tanaman sela selama menanti tanaman damar siap panen.

Pemeliharaan

Pemeliharaan mendasar yg dijalankan merupakan penyulaman seandainya ada pohon yg mati dan penyiangan ruangan lahan dari gulma-gulma pengganggu. Penyulaman dilakukan di muka masa tanam sampai berapa minggu. Untuk penyiangan gulma, pada prinsipnya cuma dibutuhkan sampai pohon damar tumbuh cukup besar serta udah tdk terganggu sekali lagi oleh tumbuhan-tumbuhan lain yang berada disekelilingnya. tapi semakin tambah baik seumpama penyiangan ditunaikan lebih rutin agar lantai hutan lebih bersih jadi semakin tambah gampang dalam perawatan tanaman sela dan juga selagi panen nanti.

Penggunaan tanaman sela rata-rata tidak terlalu lama, kisarannya adalah umur 4 th.. Selama masihlah ada tanaman sela, pohon damar tidak usah diberikan pupuk. sehabis tak ada tanaman sela, baru diberi pupuk utk menjamin ketersediaan nutrisi serta pohon damar bisa tumbuh dengan maksimum.


Artikel Pohon Damar


Jl. Air Mancur No 15 RT.23 RW.2 Ds. Rembang Kecamatan Ngadiluwih
Kediri, Jawa Timur (Alun-Alun ke Selatan 5 km Kiri Jalan)
081235970832 (Telkomsel) / 081556732326 (Indosat)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pohon Penghasil Damar Untuk Lem

Menanam Pohon Damar

Penyebab Pohon Damar Langka